Berita

Ekstrakurikuler Upacara Adat Upaya MTsN 8 Majalengka Tingkatkan Pemahaman Siswa Tentang Sejarah dan Tradisi Lokal

Minggu, 4 Agustus 2024 06:28 WIB
  • Share this on:

MTsN 8 Majalengka melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler berupa upacara adat yang digelar setiap hari Sabtu sore. Kegiatan tersebut telah menjadi salah satu program unggulan di madrasah ini, memberikan pengalaman berharga bagi para siswa dalam melestarikan budaya lokal. Kegiatan ekstrakurikuler upacara adat tersebut melibatkan siswa dalam pelaksanaan dan pemahaman berbagai upacara adat tradisional. misalnya pakaian adat, dan tata cara pelaksanaan upacara yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Kegiatan tersebut diikuti oleh siswa MTsN 8 Majalengka yang berminat dan berbakat dalam bidang seni, dengan di bimbing oleh guru seni Hj. Siti Maemunah, S.Pd.I. Kegiatannya dilaksanakan di halaman madrsah yang telah disiapkan khusus untuk mendukung kegiatan tersebut dengan fasilitas dan perlengkapan adat yang diperlukan. Kegiatan ini diadakan setiap hari Sabtu sore, mulai pukul 14.30 hingga 16.00 WIB. Jadwal ini dipilih untuk memudahkan siswa yang memiliki aktivitas lain di hari-hari sebelumnya.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mengedukasi siswa tentang pentingnya pelestarian budaya dan adat istiadat. Menurut Kepala MTsN 8 Majalengka, Drs. H. Mahmud Saenun, M.Si kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun rasa kebanggaan dan identitas budaya di kalangan siswa serta meningkatkan pemahaman mereka tentang sejarah dan tradisi lokal.

“Kegitan tersebut untuk membangun rasa kebanggaan dan identitas budaya di kalangan siswa serta meningkatkan pemahaman mereka tentang sejarah dan tradisi lokal.” ujar Saenun

Dengan kegiatan ekstrakurikuler ini, MTsN 8 Majalengka berkomitmen untuk melestarikan budaya lokal dan memberikan pengalaman pendidikan yang komprehensif bagi para siswanya. Upacara adat yang rutin ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan siswa dan mempererat hubungan antara generasi muda dengan warisan budaya mereka.

Editor:
Win
Kontributor:
Win
Penulis:
MTsN 8 Majalengka
Fotografer:
MTsN 8 Majalengka

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -