Berita

Empat Hal Yang Disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Pada Pelantikan Pengurus Daerah FK-KBIHU Kabupaten Majalengka

Kamis, 18 April 2024 11:29 WIB
  • Share this on:

Majalengka (Humas). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka Dr. H. Agus Sutisna, S.Ag., M.Pd. memberikan sambutan pada kegiatan Pelantikan Pengurus Daerah Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (FK-KBIHU) Kabupaten Majalengka pada Rabu (17/4/2024) yang bertempat di Meeting Room Garden Hotel Majalengka.

Mengawali sambutannya Agus menyampaikan ucapan syukur atas nikmat yang Allah Subhanahu Wa Ta'ala berikan serta nikmat silaturrahim dalam acara halal bi halal yang dipadukan dengan pelantikan Pengurus Daerah FK-KBIHU.

“Alhamdulillah kita bisa berkumpul bersama di tempat ini dalam rangka halal bi halal. Mudah-mudahan puasa kita diterima Allah Subhanahu Wa Ta’ala dengan ibadah ibadah lainnya. Kami selaku pimpinan di Kantor Kementerian Agama memohon maaf barangkali selama pergaulan dengan Bapak Ibu sekalian ada hal yang tidak berkenan, mohon maaf lahir dan bathin.” Kata Agus.

Selanjutnya Agus menyampaikan selamat kepada Pengurus Daerah FK-KBIHU Kabupaten Majalengka yang telah di lantik.

“Selamat kami sampaikan kepada seluruh jajaran Pengurus Daerah FK-KBIHU Kabupaten Majalengka yang hari ini telah di lantik oleh Ketua PW FK-KBIHU Provinsi Jawa Barat. Mudah-mudahan berkah untuk kita semuanya.” Ujar Agus.

Selain itu, pada kesempatan tersebut Agus menyampaikan beberapa hal diantaranya pemanfaatan bangunan dan juga tanah yang dimiliki Kementerian Agama untuk bisa dimanfaatkan oleh FK-KBIHU ke depannya sesuai dengan regulasi yang ada. Kedua Agus juga menyoroti terkait dengan manasik sepanjang tahun. Ia mengatakan bahwa pelaksanaan manasik haji sepanjang tahun ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar untuk menciptakan kemandirian jemaah dalam melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji.

Selanjutnya yang ketiga, terkait dengan kolaborasi. Yang dimaksud kolaborasi tersebut adalah bagaimana menciptakan suasana kebersamaan dan kerjasama yang baik antar setiap unsur baik dari Kementerian Agama, KBIHU, Dinas Kesehatan, dan juga BPS dalam melaksanakan proses perjalanan ibadah haji.

Terakhir keempat mengenai tata kelola DAM bagi jemaah haji. Menurutnya bahwa terkait dengan DAM yang dimaksud sudah ada yang mengelolanya dari Kementerian Agama di Arab Saudi. Sehingga diharapkan jangan sampai terjadi pengelolaan DAM yang di luar lembaga resmi.

“Saya mengajak bekerjasama berkolaborasi dengan FK-KBIHU mudah-mudahan sinergitas yang telah kita bangun bersama mari kita tingkatkan Bersama.” Harap Agus.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris Daerah Kabupaten Majalengka Drs. H. Eman Suherman, M.Si. menyampaikan selamat kepada 17 peserta yang dilantik sebagai Pengurus Daerah Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (FK-KBIHU) Kabupaten Majalengka Periode Masa Bhakti 2023-2028.

Eman menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka memiliki kewajiban dan tanggung jawab dalam terselenggaranya pelaksanaan Ibadah Haji dan Umroh. Salah satunya dengan melakukan kerjasama bersama seluruh stakeholder terkait agar jamaah memiliki pemahaman yang tepat terkait pelaksanaan Ibadah Haji dan Umroh.

Selain itu, Eman juga menyampaikan saat ini Jemaah Haji yang sudah terdaftar sebanyak 1.180 orang, termasuk Pembimbing Haji. Sementara itu, Pemerintah akan memberikan fasilitas kepada Jemaah berupa akomodasi, konsumsi dan transportasi selama keberangkatan dan kepulangan ke embarkasi, layanan dan pembinaan kesehatan Jemaah.

Turut hadir pada kesempatan tersebut para pejabat di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka, Ketua FK-KBIHU Provinsi Jawa Barat, Perwakilan dari Dinas Kesehatan, Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Majalengka dan tamu undangan lainnya.

Kontributor:
Endang Mu'min
Penulis:
Endang Mu'min
Fotografer:
Endang Mu'min

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -