Berita

Hari ini, 334 Siswa MAN 2 Majalengka Dinyatakan Lulus

Jumat, 5 Mei 2023 13:51 WIB
  • Share this on:

Perjalanan lanjang yang bernama belajar di MAN 2 Majalengka sudah dilalui para siswa kelas xii selama 3 tahun atau 6 semester. Kini, di Hari Jum'at (5/5) ini, mereka yang berjumlah 334 dengan rincian 128 siswa laki-laki dan 206 siswa perempuan, telah dinyatakan lulus.

Pernyataan lulus disampaikan pihak sekolah melalui surat kelulusan yang dibagikan langsung oleh para walikelasnya masing-masing sejumlah 10 kelas. Proses penerbitan surat kelilusan sendiri dibuat berdasarkan hasil rapat pleno seluruh dewan guru madrasah per Rabu (4/5) kemarin.

Dalam rapat, Didi Suardi, S.Pd., Waka Kesiswaan MAN 2 Majalengka mengatakan terdapat 3 kriteria kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan madrasah.

"Kami menyepakati 3 kriteria minimal siswa lukus, sesuai dengan standar minimal yang ditetapkan pemerintah," terang Didi.

Masing-masing dari ketiga kriteria tersebut, lanjutnya, adalah: pertama, menyelesaikan seluruh program pembelajaran, yang dibuktikan dengan dokument raport tiap semesternya.
"Berarti semua siswa. 334, dg 128 laki dan 206 untuk kriteria pertama dinyatakan lulus," ungkapnya diikuti gemuruh tepuk tangan para peserta rapat.

Kriteria kedua, terang Didi, memperoleh nilai sikap atau perilaku baik. "Untuk kriteria kedua ini, berdasarkan perolehan nilai raport, tidak ditemukan siswa yang nilainya di bawah baik. Berarrti siswa sejumlah 334 dinyatakan lulus," Didi menyimpulkan.

Kriteria ketiga, siswa dinyatakan lulus, terang Didi, jika mengikuti asesmen madrasah, baik bidang pengetahuan, maupun bidang keterampilan yang diselenggarakan oleh madrasah.

"Untuk kriteria ketiga ini ,juga berdasarkan pemantauan proses asesmen, semua siswa berhasil mengikuti asesmen. Sekalipun ada yang tidak masuk di waktunya, mereka sudah mengikutinya melalui asesmen susulan," tuturnya.


Rapat Pleno yang dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah Yayan Ristaman, S.Pd. SE.MM, memutuskan semua siswa berjumlah 334 dengan daftar nama tersebut dinyatakan lulus.

Ekspresi Kelulusan
Syahril Azimin, salah seorang siswa kelas xii mengaku senang usai mendapat surat keterangan lulus (SKL). Tentunya semua senang. Ini tampak dari wajah-wajah yang sumringah.

Sebagian besar dari mereka mengunjungi ruang guru untuk menyapa dan menyalami guru. Ucapan selamat yang berbalas ucapan terimakasih pun terus memenuhi ruangan berukuran sekitar 17 x 7,5 m.

Seluruh civitas akademika MAN 2 Majalengka merasa senang. Juga para orang tua yang sudah datang sejak pagi untuk mendampingi siswa menerima dokumen skl.

Sebelumnya, pihak sekolah melalui walikelas masing-masing mewanti-wanti para siswa nya supaya mengekspresikan kegembiraannya dengan sujud syukur dan atau sholat syukur. 

"Ga boleh dengan corat-coret baju. Mendingan bajunya disumbangin buat adik-adik kelas, ya..," ujar Abdul Jafar Shodik, S.Pd., Pembina OSIS, sembari meminta OSIS untuk menyiapkan tim. "Ekspresikan kelulusan ini dengan hal-hal baik dan positif," terangnya.

Kontributor:
MAN 2 Majalengka
Penulis:
IPAH JAHROTUNASIPAH
Fotografer:
Awal Rifqi

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -