Berita

Hidupkan Semangat Toleransi, Kemenag Majalengka Launching Kampung Moderasi Beragama

Senin, 24 Juli 2023 09:35 WIB
  • Share this on:

Kemenag Majalengka Laksanakan Sosialisasi dan Launching Kampung Moderasi Beragama
Kampung Moderasi adalah suatu istilah yang menggambarkan suatu daerah atau tempat dalam wilayah tertentu (dalam lingkup RT, RW, atau kelurahan/Desa) yang masyarakatnya terdiri atas beberapa perbedaan terutama dari aspek kepercayaan, keyakinan, agama, ras atau lainnya dengan penuh kesadaran menerima perbedaan yang ada karena pemahaman terhadap keagamaannya yang moderat dengan sepenuh hati untuk dapat memberikan kemaslahatan diri, lingkungan, masyarakat, bangsa dan negarasehingga tercipta kerukunan, toleransi, kerukunan, dan harmonis.
Demikian pengertian dari Kampung Moderasi Beragama yang menjadi sebuah program nasional Kementerian Agama dengan menggandeng berbagai pihak dalam pelaksanaannya. Kementerian Agama Kabupaten Majalengka yang dalam hal ini Bimas Islam telah melaksanakan Sosialiasi dan Launching Kampung Moderasi Beragama bertempat di Hotel Achiera Jatiwangi, Selasa (06/06/2023). 
Acara tersebut dibuka Plt. Kasi Bimas Islam H. Sofyan Firdaus, S.H. mewakili Kepala Kantor Kemenag Majalengka dengan menghadirkan para pemateri diantaranya Prof. Dr. H. Dedi Djubaedi, M.A. Guru Besar IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dan Dr. H. Agus Sutisna, S.Ag. M.Pd Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka. Tak ketinggalan pula berbagi pengalaman dari Tatang Wiharna Kepala Desa Gandasari Kec. Kasokandel yang merupakan Desa yang akan dijadikan sebagai Kampung Moderasi Beragama. 
Tidak salah kiranya bila kampung moderasi beragama disematkan pada Desa Gandasari. Penduduk Desa Gandasari, merupakan sebuah Desa yang mana di dalamnya mempunyai keanekaragaman masyarakat, dimana masyarakatya mempunyai pemeluk agama yang berbeda-beda yaitu Islam dan Kristen. Tetapi Masyarakatnya sangat menjunjung tinggi Toleransi antar umat beragama dan hidup saling berdampingan.
Program Kampung Moderasi ini akan mencoba menyatukan berbagai perbedaan terutama dalam hal agama atau kepercayaan untuk saling menghargai dan menjunjung toleransi. Nantinya Kampung Moderasi bisa dijadikan sebagai role model bagi seluruh wilayah di Indonesia mengenai indahnya rasa persatuan dalam berbagai perbedaan.

Kontributor:
Ichwan Alfayadh
Penulis:
Taupik Hidayat

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -