Berita

HUT Ke-79 Kemerdekaan RI, PJ Bupati Ajak Masyarakat Majalengka Menjawab Tantangan Zaman dengan Konsep Strategi Kolaborasi, Inovasi, dan Desentralisasi

Senin, 19 Agustus 2024 00:00 WIB
  • Share this on:

Majalengka (Humas Kemenag Majalengka). Pada hari yang bersejarah ini di tingkat nasional pertama kalinya peringatan kemerdekaan dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN), sebagai bagian dari cita–cita perjuangan bangsa Indonesia untuk terus melanjutkan estafet pembangunan di seluruh Indonesia Raya,maka tema peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia kali ini “ NUSANTARA BARU INDONESIA MAJU”. Seperti halnya para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan, kita semua juga memiliki tanggung jawab besar untuk melanjutkan perjuangan melalui pembangunan di  berbagai bidang di Kabupaten Majalengka.

Demikian hal itu disampaikan PJ Bupati Majalengka Dr. H. Dedi Supandi, M.Si. pada Sabtu (17/8/2024) disaat memimpin Upacara Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2024 Tingkat Kabupaten Majalengka yang bertempat di lapangan GGM Majalengka.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka Dr. H. Agus Sutisna, S.Ag., M.Pd. hadir bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala OPD, Camat, Kepala Desa/Kelurahan, Ketua KPU, Ketua MUI, BAZNAS, FKUB, Ormas lainnya dan para veteran pejuang kemerdekaan serta tamu undangan lainnya.

“Kita telah melihat berbagai inovasi dan capaian yang luar biasa,” Lanjut PJ Bupati. “Mulai dari infrastruktur, ekonomi, hingga sosial, yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.” Katanya.

Dalam semangat kemerdekaan, Dedi mengajak terus bekerja keras untuk berkontribusi melalui program-progam untuk kemajuan daerah Majalengka. Di tengah tantangan global yang semakin kompleks, semangat kebersamaan dan gotong royong harus terus di pelihara.

Sebagai salah satu Kabupaten yang terus berkembang, Majalengka menunjukkan banyak kemajuan dalam berbagai sektor.

“Posisi strategis Kabupaten Majalengka dengan akses langsung ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) dan Pelabuhan Patimban, menjadikannya pusat pertumbuhan ekonomi dan investasi baru. Relokasi industri dari kota besar dan Jabodetabek ke kawasan Rebana juga memperkuat peran Majalengka sebagai salah satu pusat industri Jawa Barat.” Jelas Dedi.

Selanjutnya Dedi menyampaikan terkait dengan pertumbuhan sektor pariwisata telah berhasil menarik perhatian wisatawan dengan keindahan alam Majalengka. Di bidang ekonomi, tahun ini Kabupaten Majalengka mencatat Laju Pertumbuhan Ekonomi   (LPE) yang mengesankan, mencapai 6,15%, yang merupakan yang tertinggi di wilayah  Ciayumajakuning  dan  berada  di  atas rata-rata nasional dan provinsi. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT)  juga terus menurun, menjadikan Majalengka sebagai salah satu   daerah   dengan   tingkat   pengangguran terendah di Jawa Barat.

“Namun, kita tidak boleh berpuas diri.” Lanjut Dedi.Tantangan seperti angka stunting, kemiskinan, peningkatan IPM (Indeks Pembangunan Manusia) perlu perhatian serius.” Ujarnya.

“Kita harus bekerja keras untuk Majalengka, agar ke depannya kita bisa meraih new zero stunting dan zero kemiskinan ekstrem dan menjadi Kabupaten yang meraih IPM tertinggi di Jabar maupun Nasional.” Ajak Dedi.

Lebih lanjut Dedi mengajak agar selalu bersiap menghadapi tantangan global dan nasional, serta melakukan transisi yang baik dalam tahun politik yang akan datang. Menurutnya pembangunan di Kabupaten Majalengka harus mampu menjawab tantangan zaman dengan konsep strategi kolaborasi, inovasi, dan desentralisasi yang efektif.

“Dengan demikian, kita dapat memastikan bahwa pembangunan tidak hanya berfokus pada pertumbuhan ekonomi semata, tetapi juga pada pemerataan kesejahteraan bagi seluruh lapisan masyarakat.” Tuturnya.

Atas nama pemerintah Kabupaten Majalengka Dedi menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua unsur lembaga pemerintah, lembaga kemasyarakatan, organisasi sosial, dan warga masyarakat, yang telah mendukung dan berkontribusi dalam   pembangunan di Kabupaten Majalengka.

Terkait dengan tahun politik, Dedi mengingatkan agar semua warga Majalengka harus menjaga keamanan, kenyamanan dan kondusifitas di tanah kelahiran tercinta. Oleh karena itu, pemerintah Kabupaten Majalengka telah mendeklarasikan konsep Majalengka ANTENG (Aman Netral dan Tenang) bagi para ASN dengan terus mengingatkan “ASN Profesional Harus Netral, Hindari Politisasi Wujudkan Netralitas Birokrasi”.

Sebagai penutup Dedi menyampaikan atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Majalengka mengucapkan Dirgahayu ke-79 Republik Indonesia.

“Semoga spirit dan nilai-nilai kemerdekaan senantiasa menjelma dalam pembangunan bangsa dan negara khususnya pembangunan di kabupaten majalengka.” Pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor H. Agus Sutisna mendapatkan tugas memimpin do'a peringatan HUT Ke-79 Republik Indonesia dihadapan semua peserta Upacara. 

Editor:
Endang Mu'min
Kontributor:
Endang Mu'min
Penulis:
Endang Mu'min
Fotografer:
Endang Mu'min

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -