Berita

Jaga Kebugaran Tubuh, ASN Kemenag Majalengka Rutin Gelar Senam

Senin, 13 Maret 2023 21:36 WIB
  • Share this on:

Majalengka (Humas Kab. Majalengka)

Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Itulah salah satu ungkapan yang menunjukan betapa pentingnya memiliki tubuh sehat  dan bugar demi terbentuknya jiwa yang kuat. Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) hal ini sangat penting agar pelayanan kepada masyarakat bisa dilakukan dengan maksimal. Untuk mewujudkan hal itu, Kemenag Majalengka yang digawangi oleh Dr. H. Agus Sutisna, M.Pd rutin gelar senam pada setiap hari jumat pasca gerakan Jumat Bersih.

"Saya kira ini harus konsisten dilaksanakan agar kebugaran tubuh bisa terjaga sehingga berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan ASN kepada masyarakat", ungkap Agus Sutisna sesaat setelah mengikuti senam kebugaran, Jumat (10/3/2023) di halaman Kantor Kemenag Majalengka.

Selain membuat tubuh bugar, kegiatan yang digelar satu kali dalam seminggu ini, menurut Agus dapat menjadi penghilang kepenatan bekerja. Hal ini diamini oleh salah satu peserta senam, Hj. Endang. Ia mengaku badannya fresh dan tidak kaku.

"Enak pokonya, keluar keringat sambil seru-seruan, bikin badan bugar dan otak fresh", ungkap Endang.

Kegiatan senam kali ini menurut Agus lebih kompak dari biasanya, jumlah peserta juga lebih banyak dengan hadirnya para guru dari madrasah terdekat. Agus mengaku instruktur yang dihadirkan adalah instruktur dari internal Kemenag Majalengka, yaitu Ibu Nunung salah seorang penyuluh agama islam.

Saat dimintai keterangan, Ibu Nunung menjelaskan bahwa senam yang Ia pandu bisa diiringi musik dengan berbagai genre. Gerakan senam berganti ganti dan variatif menyesuaikan keinginan dan kesanggupan peserta senam.

Dijelaskan Nunung, sesekali senam ini diiringi musik yang atraktif dan up to date, bahkan, tak jarang juga senam diselingi gerakan yang bergenre cepat seperti zumba. Selain itu adakalanya senam kelenturan yang ditujukan untuk pegawai yang sudah usia lanjut. 

"Olah raga ini dapat memompa metabolisme tubuh serta menambah pasokan energi, untuk beraktivitas setiap hari. Dengan begitu, otot otot tubuh akan bergerak secara aktif dan stok energi pun bertambah", ungkap Nunung.

"Pokonya ini sangat bagus, karena dapat melepaskan senyawa, yang membuat kita merasa nyaman dan senang, seperti endorfin yang meningkatkan mood dan tingkat energi", imbuhnya.

Senam aerobik ini diinisiasi oleh Kepala Kantor Kemenag Majalengka dan diamini oleh jajaran pejabat lainnya. Nunung berharap, kegiatan olahraga ini tetap dilaksanakan secara konsisten dengan peserta yang lebih banyak lagi, pasalnya jika pesertanya banyak, menurut Nunung akan menambah semangat.

Kontributor:
Taupik Hidayat

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -