Berita

Jelang AKG, Seksi Pendidikan Madrasah Gelar Rapat Persiapan

Jumat, 21 Juni 2024 21:50 WIB
  • Share this on:

Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Majalengka menyelenggarakan Rapat Teknis Persiapan Asesmen Kompetensi Guru (AKG) di Aula Kemenag Majalengka pada Jum'at (21/6/2024). Kegiatan yang diikuti oleh Kepala Madrasah Tempat Asesmen Kompetensi (TAK) dan proktor yang telah ditunjuk. Kegiatan dibuka langsung oleh Plh. Kepala Kemenag Majalengka Dr. H. Heru Hoerudin, M.Ag.

Dalam sambutannya, Heru menyampaikan bahwa AKG tersebut merupakan kegiatan strategis untuk mengukur kualitas dan kemampuan tenaga pendidik.

“AKG merupakan sebuah kegiatan yang sangat strategis dalam rangka mengukur kualitas dan kemampuan tenaga pendidik yang ada di Kabupaten Majalengka. Kita berharap, mudah-mudahan hasil AKG tahun ini jauh lebih baik dari tahun sebelumnya.” Kata Heru.

Heru berpesan, dalam pelaksanaan AKG tahun ini dipersiapkan secara maksimal mulai dari aliran listrik sampai dengan jaringan internet agar stabil.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Dr. Hj. Euis Damayanti, M.P.Kim. menyampaikan terima kasih kepada madrasah yang bersedia menjadi Tempat Asesmen Kompetensi (TAK).

“Terima kasih kepada madrasah yang bersedia menjadi Tempat Asesmen Kompetensi (TAK), mohon untuk dipersiapkan tempatnya.” tutur Euis.

Rapat teknis ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pembekalan kepada para guru madrasah tentang pelaksanaan AKG yang akan dilaksanakan tanggal 24 s.d. 26 Juni 2024. AKG merupakan penilaian kompetensi guru yang dilakukan secara nasional untuk mengetahui tingkat penguasaan materi dan pedagogik guru.

Selanjutnya, Euis meminta kepada para Kepala Madrasah untuk mendorong guru mengikuti kegiatan AKG dengan sebaik-baiknya dan menunjukkan kemampuan mereka yang terbaik.

"Saya harap para guru madrasah dapat mengikuti kegiatan AKG dengan sebaik-baiknya dan menunjukkan kemampuan mereka yang terbaik. Hasil AKG nanti akan menjadi salah satu indikator untuk mengetahui kualitas pendidikan madrasah di Kabupaten Majalengka," ujar Euis.

Pada kesempatan tersebut, Aip Syarifhidayatullah, M.Pd. selaku JFU Pendidikan Madrasah bidang Guru dan Tendik memberikan materi tentang teknis pelaksanaan AKG.

“Madrasah tempat asesmen Kompetensi diharapkan menyediakan layanan “tethering” untuk antisipasi buruknya jaringan wifi. Saya juga berharap Kepala Madrasah stand by saat pelaksanaan AKG berlangsung guna memastikan kelancaran AKG.” Tegas Aip.

Aip juga meminta madrasah tempat asesmen tersebut untuk menyediakan printer guna mengantisipasi adanya peserta yang belum mencetak kartu asesmen.

Melalui rapat persiapan pelaksanaan AKG tersebut, diharapkan pelaksanaan AKG di Kabupaten Majalengka bisa berjalan dengan lancar.

Kontributor:
Win
Penulis:
Win
Fotografer:
Win

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -