Berita

Kasi PD Pontren Kemenag Majalengka : Khutbatul 'Arsy Pondok Pesantren Al Madani Jadikan Sebagai Pengenalan dan Pemahaman Pola Hidup di Pesantren

Minggu, 4 Agustus 2024 20:46 WIB
  • Share this on:

Majalengka (Humas). Apel tahunan yang dikenal dengan Khutbatul 'Arsy merupakan salah satu program yang diadakan oleh Pondok Pesantren Al Madani Cikalong. Kegiatan tersebut bukan hanya sekedar show of force (menunjukkan kekuatan) pesantren Al Madani.

Lebih dari itu, apel tahunan tersebut menunjukkan kesigapan menyambut tahun ajaran baru, menyatukan persepsi, pola fikir, pemahaman tentang pesantren secara utuh dan memadukan program-program pendidikan dan pengajaran ke depan. Maka semuanya akan kompak, tersistem dan saling menguatkan satu sama lain. 

"Atas nama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka, kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas diselenggarakannya kegiatan Apel Tahunan Pekan Perkenalan Khutbatul Arsy di Ponpes Al Madani Cikalong." Kata Kasi PD Pontren H. Ade Firmansyah, S.Sos., M.Pd.I. di saat menghadiri acara Khutbatul 'Arsy Ponpes Al Madani Cikalong Sukahaji, pada Ahad (4/8/2024). 

Hadir pada kesempatan tersebut Pengasuh Ponpes Al Madani Dr. H. Endi Ma'arif, S.Ag., MA. beserta jajaran Asatidz Asatidzah, Camat Kecamatan Sukahaji, Danramil Sukahaji, Polsek Sukahaji dan tamu undangan lainnya. 

Selanjutnya Ade menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini para santri baru dapat memahami orientasi pesantren.

"Sangat penting bagi santri, untuk lebih mendapatkan pemahaman dan pengenalan yang tidak cukup sekali, tetapi harus dilakukan berkali-kali guna mengingatkan semua pada khittah awal pendirian pesantren dan tujuan awal santri masuk pesantren serta berbagai pola hidup di pesantren." Jelas Ade. 

Hal senada disampaikan Pengasuh Pondok Pesantren Al Madani  H. Endi Ma'arif, bahwa tujuan diadakannya Khutbatul 'Arsy Pekan Perkenalan Pesantren ini adalah agar selalu tumbuh dan berkembang. 

"Memahami pesantren tidak cukup sepekan, jangan sampai salah menilai hanya melihat satu sudut. Hanya memandang satu sisi pesantren ini." Tutur Endi. 

Setiap orang tua pasti akan di penuhi dengan berbagai pertanyaan ketika akan memasukkan anaknya ke pesantren.

Pertanyaan yang lazim bagi orang tua itu diantaranya Apa arti pesantren itu? Milik siapa? Amanat siapa? Apa isinya? Hendak kemana? Bagaimana cara hidup di dalamnya? Apa yang harus dilakukan kepadanya? Apa yang dicari? Sekali lagi jangan sampai salah menilai.

Oleh karena itu, Endi menjelaskan bahwa kegiatan Khutbatul'Arsy merupakan sarana untuk menjawab semua itu. 

"Melalui kegiatan Khutbatul 'Arsy Pekan Perkenalan Pesantren ini, kami mengajak masyarakat atau orang tua santri untuk memandang Pesantren Al Madani Cikalong secara utuh." Pungkasnya. 

 

Kontributor:
Endang Mu'min
Penulis:
Endang Mu'min
Fotografer:
Istimewa

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -