Berita

Kasi Penmad : Orang Yang Bisa Menulis Ayat Al-Qur'an Dipastikan Ia Bisa Membaca Al-Qur'an Dengan Baik

Kamis, 23 Pebruari 2023 15:58 WIB
  • Share this on:

Majalengka (Humas) Kepala Seksi Penmad Dr. H. Heru Hoerudin, M.Ag. mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Majalengka memberikan sambutan sekaligus membuka acara Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Qur'an Hadits dan SKI Madrasah Tsanawiyah yang dilaksanakan di Aula KPRI Hikmah Kementerian Agama Majalengka, Kamis (23/2/2023). 

Pada sambutannya Heru menyampaikan bahwa diharapkan guru mampu meningkatkan keprofesionalannya. 

"Dalam kondisi saat ini, tentunya menjadi seorang guru adalah sebuah tantangan yang tidak biasa. Dengan berbagai pola pembelajaran dan juga perubahan kurikulum seorang guru dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman. Seorang guru dituntut untuk mampu mengimbangi dan bahkan diharapkan terus melakukan inovasi dan kreatifitas serta meningkatkan kemampuannya secara profesional." Tuturnya

Selanjutnya Heru mengingatkan kembali bahwa dengan berbagai tuntutan terhadap peran guru saat ini dalam mendidik anak bangsa tentunya harus diimbangi dengan kesejahteraan yang diterima. Keberadaan Tunjangan Profesi Guru (TPG) adalah salah satu andil pemerintah dalam menunjang keprofesionalan guru. Oleh karena itu, menurut Heru bahwa TPG yang diterima harus dimanfaatkan untuk penunjang profesi yang berkelanjutan. "Silakan Bapak dan Ibu manfaatkan TPG yang diterima untuk melengkapi sarana-sarana penunjang dalam upaya peningkatan mutu dan kualitas pembelajaran di Madrasah. Ketika sarana dan prasana Madrasah kekurangan anggaran, maka TPG bisa menjadi salah satu pendukungnya. Bapak dan ibu bisa menggunakan TPG tersebut diantaranya untuk membeli buku penunjang, bisa digunakan untuk alat pelengkap pembelajaran misalnya laptop. TPG juga bisa digunakan untuk mengikuti pelatihan-pelatihan, seminar, workshop sebagai upaya meningkatan wawasan dan peningkatan kualitas bagi seorang guru. Saya berahap TPG jangan sampai malah digunakan untuk hal-hal konsumtif semata, sehingga tidak mampu untuk menunjang keprofesionalan Bapak dan Ibu sekalian." Tutur Heru. 

Terkait dengan kegiatan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Quran Hadits dan SKI menurut Heru kedua mata pelaran tersebut merupakan salah satu mata pelajaran yang strategis dalam rangka mempertahankan nilai nilai keagamaan bagi anak didik. 

"Mata pelajaran Qur'an Hadits itu sangat penting karena memang kedua hal ini adalah pegangan yang utama bagi umat Islam. Sebagai pedoman bagi kehidupan kita semuanya. Dengan adanya mata pelajaran Qur'an Hadits diharapkan akan mampu untuk menjadi benteng dalam mempertahankan nilai-nilai agama yang saat ini begitu penting untuk menjaga anak-anak didik kita dari pengaruh yang tidak baik." Harap Heru. 

Selain itu, Heru juga mengingatkan untuk guru-guru yang mengikuti workshop implementasi kurikulum merdeka dalam hal ini guru Qur'an Hadits untuk terus mendorong siswa siswinya agar tidak ada lagi yang tidak bisa membaca Al-Quran. Menurutnya ketika masuk Tsanawiyah agar diperhatikan kembali untuk mengawalinya dengan test baca tulis Al-Quran. 

"Bapak dan Ibu, ditemukan pada pelaksanaan test petugas haji. Ternyata masih ada peserta yang belum bisa tulis baca Al-Qur'an dengan baik. Sangat disayangkan bagaimana nantinya jika melayani jamaah haji. Oleh karena itu, saya menghimbau kepada Bapak dan Ibu agar intensif dalam mengajarkan baca tulis Al-Quran kepada anak didik kita. Saya yakin bila mereka mampu menulis ayat-ayat Al-Qur'an dipastikan mereka juga akan bisa membacanya dengan baik. Namun belum tentu mereka yang bisa membacanya mampu menuliskannya. Karena menuliskan ayat-ayat Al-Qur'an akan dibarengi dengan imaginasi yang ada di otak dan itu artinya mereka mampu membacanya dengan baik." Ujar Heru. 

Selanjutnya mengenai mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Heru berharap pengajaran yang diberikan tidak hanya mengajarkan tentang sejarah semata, tapi harus ada muatan nilai keteladanan, nilai nilai akhlak, nilai nilai yang mengandung hikmah dan pelajaran yang lebih mengarah pada perubahan yang lebih baik. 

Terakhir Heru mengucapkan selamat melaksanakan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Qur'an Hadits dan SKI. Semoga bisa diikuti dan difahami dengan baik sehingga hasilnya bisa diimplementasikan dalam pengajaran di Madrasah.

Kontributor:
Endang Mu'min
Penulis:
Endang Mu'min
Fotografer:
Endang Mu'min

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -