Berita

Kasi PHU : PKS Adalah Kegiatan Yang Manfaatnya Dirasakan Langsung Oleh Pihak Madrasah

Sabtu, 25 Pebruari 2023 21:47 WIB
  • Share this on:

Majalengka (Humas) Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama Majalengka mewakili Kepala Kantor menghadiri kegiatan pembukaan Jumbara Perkemahan Bhakti Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Angkatan XIII Tahun 2023 Tingkat Polres Majalengka yang bertempat di Lapangan Bola Bungur Kel. Babakanjawa Kec. Majalengka, Sabtu (25/2/2023). Kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 25 - 26 Februari 2023.

Pada kesempatan tersebut Kapolres Majalengka AKBP Edwin Affandi, S.I.K., M.H. melalui Kasat Lantas AKP Ngadiman, S.Kom dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Jumbara Perkemahan Bhakti PKS diharapkan akan menambah wawasan dan meningkatkan pengetahuan di bidang kepolisian. 
"Kegiatan pelantikan dan pengukuhan anggota PKS ini diharapkan untuk lebih meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan wawasan di bidang ilmu kepolisian, khususnya bidang lalu lintas. Kemudian dapat dijadikan bekal untuk pelaksanaan tugas di sekolahnya masing-masing." Harap Ngadiman. 

Selain itu, menurut Ngadiman melalui program patroli keamanan sekolah ini juga, diharapkan anak-anak dapat menjadi pelopor bagi dirinya sendiri. Artinya anak-anak dapat lebih waspada, peduli dan menjaga dirinya sendiri ketika berada di lingkungan sekolah atau lingkungan di luar rumahnya. 

"Saya percaya semua anggota PKS ini adalah generasi millenial yang peduli akan keselamatan jalan, generasi yang mengerti tentang program keselamatan berkendara, generasi yang diciptakan menjadi relawan lalu lintas Indonesia untuk mewujudkan millenial cinta lalu lintas menuju Indonesia emas." Tuturnya. 

Kepala Kantor Kemenag Majalengka melalui Kasi PHU Hj. Euis menuturkan bahwa rekrutmen anggota PKS dan Poljar yg dilakukan oleh Kamsel Satlantas Polres Majalengka banyak diikuti oleh siswa Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah.
"Kegiatan ini sangat baik untuk penanaman karakter, seperti kedisiplinan, tanggung jawab, kepedulian terhadap keamanan lingkungan, dan kerjasama." Tuturnya. 

Selanjutnya menurut Euis bahwa PKS adalah kegiatan yg manfaatnya dirasakan langsung oleh pihak Madrasah. 
"Diantara manfaatnya yang dirasakan Madrasah dengan adanya PKS yaitu dapat membantu meringankan beban security dalam menjaga lalu lintas di depan Madrasah setiap pagi hari. Karena itu Kemenag Majalengka akan terus mendorong siswa-siswi MTs dan MA untuk lebih banyak lagi yg ikut dalam kegiatan PKS." Jelas Euis memberikan apresiasi. 

Kegiatan Jumbara Perkemahan Bhakti PKS tersebut diikuti oleh 705 orang yang terdiri dari siswa-siswi SLTP/MTs, SLTA/SMK/MA, Poljar, Dewan Kerja PKS,  Pembina Sekolah, Instruktur PKS Polres, dan Pembina Polres.

Adapun materi yang diberikan pada kegiatan tersebut adalah sistem keamanan sekolah, cara pengaturan lalu lintas, TPKP laka lantas PBS/PPM, beladiri PKS, kepemimpinan, publik speaking dan pengetahuan perundang-undangan. 

Kontributor:
Endang Mu'min
Penulis:
Endang Mu'min
Fotografer:
Endang Mu'min

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -