Berita

Kasubag TU : Employer Branding ASN baik untuk PNS maupun untuk PPPK adalah Bangga Melayani Bangsa dan Core Valuenya Yaitu Berakhlak

Senin, 19 Pebruari 2024 13:47 WIB
  • Share this on:

Majalengka (Humas). “Hari ini walaupun sudah lewat tanggal 17 namun AD/ART KORPRI menyatakan apabila tanggal 17 jatuh pada hari libur, maka kemudian bilamana kita masuk peringatan atau apel kesadaran nasional kita laksanakan. Terima kasih atas kehadirannya dan ini merupakan bagian dari tugas kita sebagai abdi negara.” Kalimat tersebut mengawali sambutan Kepala Subbag TU Dr. H. Heru Hoerudin, M.Ag. pada Senin (19/2/2024) di saat pelaksanaan Apel Kesadaran Nasional di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka.

“Ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan dalam kesempatan ini.” Lanjut Heru. “Pertama tentu menghaturkan banyak terima kasih kepada tim ZI (Zona Integritas) yang sudah berjibaku berupaya melakukan berbagai kegiatan dalam rangka pencapaian ZI untuk mencari eviden yang berserakan walaupun pada akhirnya dalam keputusan terakhir itu kita tidak tercapai satu area dari tujuh area itu.  Artinya enam area kita sudah melampaui nilai, tapi satu area kita masih dinyatakan belum lolos.” Ujar Heru.

Menurutnya setelah di analisa ternyata ada dua hal yang menyebabkan di tahun ini belum lolos. Walaupun memang di Jawa Barat ini tidak ada yang lolos satupun termasuk juga Kantor Wilayah. “Yang pertama adalah TLHP, ini memang nampaknya PR berat bagi UP. Bagaimanapun juga TLHP yang 2014, 2015, kemudian yang 2019, saya kira ini perlu penyelesaian dan tidak bisa kemudian kita dengan dalih sudah mengirimkan berkas berulang-ulang ke Kanwil sehingga kita anggap selesai. Nampaknya harus di seriusi komunikasi dengan inspektorat dan TLHP ini betul-betul kita tindaklanjuti sampai nol.” Jelas Heru.

Kemudian Heru melanjutkan bahwa yang kedua, hasil yang masih rendah itu pada capaian kinerja. Menurutnya capaian kinerja pada akhirnya seratus persen di triwulan empat ini. Tapi di triwulan satu, triwulan dua dan triwulan tiga itu masih belum mencapai target. Artinya keterangannya masih kurang di sana.

“Secara keseluruhan dalam satu tahun anggaran di tahun anggaran 2023 ini memang sudah terpenuhi seratus persen, tetapi capaian per-triwulannya juga ada penilaian batas minimum dan kita tidak mencapai batas minimum untuk triwulan satu itu khususnya dan triwulan dua. Ini catatan bagi kita, kalaulah memang kita sudah dua kali, berarti gagal itu, tahun kemarin dengan tahun sekarang. Maka tahun depan kalau dalam istilah sunda itu mista maja utama ya. Harusnya tahun depan kita lolos. Tetapi dengan terdeteksinya beberapa bidang yang merupakan bagian dari kelemahan kita, ya memang mudah-mudahan betul betul kita bisa menggarapnya secara apik dan lebih keras lagi.” Terang Heru panjang lebar.

Selanjutnya yang kedua, Heru menuturkan bahwa pada hari ini berlangsung kegiatan pelatihan pembimbing manasik haji di Asrama Haji Indramayu. Adapun yang mengikuti kegiatan tersebut diantaranya Ibu Hj. Euis Damayanti (Kasi Penmad), Pak H. Taupik Hidayat (Pranata Humas), dan Pak H. Didi Rosadi (Keuangan). Khusus untuk Kasi Penmad, karena dari sisi aturan lewat dari empat hari itu harus di PLT kan. Maka sekarang ini yang menjadi PLT Kasi Penmad adalah Kasi PD Pontren (H. Ade Firmansyah).

Kemudian yang berikutnya, Heru menyampaikan informasi terkait dengan akan diselenggarakannya Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, Kamis dan Jum’at (21-23 Februari 2024). Pesertanya dari Kabupaten/Kota yaitu Kepala Kantor, Kasubag TU dan Kepala Madrasah Aliyah Negeri. Oleh karena itu, menurut Heru setelah pelaksanaan Rakerwil akan segera ditindaklanjuti dengan Raker di Tingkat Kabupaten/Kota.

“Kepada Perencana silakan dibuatkan saja langsung dari sekarang rancangan materi dan evaluasi rapat kerja ini. Rancangan program dan evaluasi dari masing-masing satker termasuk juga dari masing-masing seksi yang ada di kita sebagai bahan rencana satker Kabupaten/Kota. Yang tempatnya insyaAllah  mungkin di luar Kabupaten Majalengka, yang mana masih koordinasi dengan Kabupaten/Kota yang lain. Adapun kalau berbicara waktu itu jangan terlalu lama paling lambat minggu pertama bulan Maret nampaknya memang harus sudah dilaksanakan rapat kerja.”

Selain hal itu, Heru tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih karena sudah turut berpartisipasi dan ikut mensukseskan pemilihan umum 2024.

“Saya haturkan terima kasih atas partisipasi Bapak dan Ibu dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2024. Diman Kabupaten Majalengka ini berada dalam kondisi wilayah aman, tertib dan kondusif. Itu adalah bagian dari partisipasi kita sendiri sebagai bagian dari warga negara. Apapun hasilnya tentu akan kita dengar nanti secara resmi dari KPU dan kita harus menerima itu sebagai bagian dari suara atau kehendak rakyat dalam pemilihan umum tahun 2024.” Ungkapnya

Terakhir Heru mengajak kepada yang hadir untuk tetap memperhatikan edaran Menpan RB Nomor 20 tahun 2021 terkait dengan Employer Branding ASN dan Core Value ASN.

“Employer Branding ASN baik untuk PNS maupun untuk PPPK adalah Bangga Melayani Bangsa. Dan kemudian yang kedua kita juga memiliki core value ASN atau inti nilai ASN, baik itu untuk PNS maupun PPPK yaitu BERAKHLAK. BERAKHLAK itu Ber-nya adalah Berorientasi kepada layanan, kemudian A-nya adalah akuntabel kemudian K-nya adalah Kompeten, kemudian L-nya adalah Loyal, A-nya Adaptif, dan terakhir K-nya adalah Kolaboratif. Itu harus menjadi pegangan bagi kita dalam rangka melaksanakan tugas sebagai abdi negara.” Jelas Heru.

Kontributor:
Endang Mu'min
Penulis:
Endang Mu'min
Fotografer:
Endang Mu'min

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -