Berita

Kasubag TU Terima Penghargaan Berupa Pancawarsa II pada Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-63 Gerakan Pramuka Tingkat Kabupaten Majalengka

Jumat, 16 Agustus 2024 05:57 WIB
  • Share this on:

Majalengka (Humas Kemenag Majalengka). Bertempat di Lapang Gelanggang Generasi Muda (GGM) Majalengka, Kasubag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka Dr. H. Heru Hoerudin, M.Ag. pada Rabu (14/08/2024) menghadiri apel besar Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-63 Gerakan Pramuka tahun 2024 tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Majalengka.

Dengan mengusung tema “Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI”, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Majalengka Drs. H. Eman Suherman, MM. memimpin langsung upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-63 Gerakan Pramuka Tingkat Kabupaten Majalengka. Unsur Mabicab, Pinsaka, Kwarcab, Mabiran, Kwarran, dan Gugusdepan turut hadir pada kesempatan tersebut.

Dalam sambutannya Eman mengatakan bahwa sebagai organisasi pendidikan non formal, Gerakan Pramuka realitanya tidak hanya sekadar menangani character building tetapi juga berperan aktif pada bidang lainnya seperti pengabdian masyarakat.

"Gerakan Pramuka selalu berperan aktif dalam pengabdian masyarakat di antaranya melakukan bantuan berbagai kebencanaan, terlibat pada tim Search And Rescue (SAR), melaksanakan kegiatan bakti seperti bedah rumah, aktif dalam berbagai kegiatan lingkungan seperti penanaman pohon, pembersihan fasilitas umum, pembersihan sarana ibadah." tutur Eman.

"Gerakan Pramuka," lanjut Eman, "Telah menunjukkan eksistensinya dalam mempersiapkan generasi muda dan selalu menjadi garda terdepan untuk membentuk anggota Pramuka yang berjiwa Pancasila serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sebagaimana yang telah ditegaskan pada tema Hari Pramuka ke-63 ini yaitu “Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI’." ujar Eman.

Pada peringatan Hari Ulang Tahun Ke-63 Gerakan Pramuka tahun 2024, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Majalengka menerima penghargaan Lencana Melati dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

“Penghargaan Lencana Melati adalah tanda penghargaan yang diberikan kepada seseorang yang telah memberikan jasa dan pengabdian yang lebih besar bagi kepentingan kepramukaan. Banyak jasa yang diberikan oleh Ketua Kwarcab Majalengka bagi kemajuan Gerakan Pramuka di Majalengka,” ungkap Sekretaris Kwarcab Pramuka Majalengka Adam Suhara, S.M.

Selanjutnya, Adam menambahkan bahwa penghargaan Lencana Melati yang diterima Ketua Kwarcab dikarenakan telah mengalokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk Gerakan Pramuka naik secara signifikan dari tahun ke tahun.

Selain itu juga Ketua Kwarcab telah menginisiasi program Revitalisasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) bagi Pembina Pramuka, Orang Tua Peserta Didik Anggota Pramuka tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Majalengka pada tahun 2023 – 2024 yang bekerjasama dengan Baznas Kabupaten Majalengka.

Pada kesempatan yang sama, Kasubag TU Kantor Kementerian Agama Majalengka H. Heru Hoerudin menerima penghargaan berupa Pancawarsa II pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-63 Gerakan Pramuka tingkat Kabupaten Majalengka.

Selain Kasubag TU, penghargaan tersebut juga diberikan kepada 5 orang dari Kemenag Majalengka di antaranya Penghargaan Darmabakti kepada Wartono, S.Pd. (Pembina Pramuka MTsN 3 Majalengka), Penghargaan Panca Yuliawati, S.Ag (Pembina Pramuka MTsN 1 Majalengka), Penghargaan Pancawarsa IV kepada Dedoh Nur Roudotul Jannah SPd. I (Kepala MTs Nurul Iman Tajur), Penghargaan Pancawarsa V diberikan kepada H. Iyan Mulyadi SAg. MPd. (Kepala MA PUI Banjaran), dan penghargaan Pancawarsa III kepada Hendra Herdiana, S.Pd.I (Pembina Pramuka MTs PUI Cikijing).

Editor:
Endang Mu'min
Kontributor:
Endang Mu'min
Penulis:
Endang Mu'min
Fotografer:
Uci Sanusi

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -