Berita

Kecamatan Majalengka Juara UMUM MTQ Ke-54; PJ Bupati : Semangat Bermusabaqah Tidak Menggeser Niat Ikhlas dalam Mempelajari Ilmu-Ilmu Al-Qur’an

Jumat, 13 September 2024 21:43 WIB
  • Share this on:

Majalengka (Humas Kemenag Majalengka). Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka Dr. H. Agus Sutisna, S.Ag., M.Pd. yang didampingi Kasubag TU Dr. H. Heru Hoerudin, M.Ag. beserta jajaran Kepala Seksi hadiri penutupan MTQ Ke-54 Tingkat Kabupaten Majalengka di Lapangan Gelanggang Generasi Muda (GGM) Majalengka, Kamis (12/6/2024).

Hadir pada kesempatan tersebut, PJ Sekda Majalengka Aeron Randi, A.P., M.P., Jajaran Forkopimda, Ketua LPTQ Majalengka yang juga Asda I H. Rd. Muhammad Umar Ma’ruf, S.Sos., M.Si. Ketua MUI, Ketua FKUB, Jajaran Kepala OPD, Camat, Kepala KUA dan unsur tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya Ketua LPTQ menyampaikan bahwa pelaksanaan MTQKe-54 dan Pameran Bersama Expo Majalengka Tahun 2024 secara umum telah berlangsung lancar, tertib dan aman. Menurutnya, hal tersebut ditandai dengan antusiasnya Masyarakat dalam menghadiri dan mengikuti berbagai cabang yang di musabaqahkan mulai saat awal sampai final yang telah dilaksanakan pada Rabu malam (11/9/2024).

“Hampir disetiap titik disekitar arena musabaqah senantiasa dipenuhi oleh Masyarakat yang akan menyaksikan juga ingin mengakses stand pameran yang ada di sekitar arena.” Ujar Umar.

“Dari aspek penyelenggaraan MTQ Ke-54 tahun 2024 ini,” lanjut Umar “Telah mendapatkan perhatian besar dari masing-masing Kecamatan dengan mengirimkan jumlah peserta MTQ sebanyak-banyaknya. Juga pada momen ini, lahir qori-qoriah, hafidz hafidzah, dan khath khattah, yang berkualitas serta munculnya juara-juara untuk ke Tingkat Jawa Barat.” Jelas Umar.

Besarnya perhatian dari masing-masing kafilah peserta MTQ tentunya tidak terlepas dari peran camat beserta jajaran LPTQ Kecamatan dan semua pihak yang telah banyak berkontribusi dalam pengembangan tlawatil Qur’an di Kecamatan masing-masing.

“Kami yakin, bila kehidupan keagamaan terus menerus diperhatikan dan ditingkatkan insyaAllah akan mempercepat visi dan misi Majalengka.” Ungkap Umar.

Namun demikian, dari penyelenggaraan MTQ Ke-54 ini diharapkan bagi seluruh komponen baik dari LPTQ Kabupaten dan LPTQ Kecamatan serta semua unsur harus senantiasa melakukan pembinaan yang berkesinambungan agar kualitas dan prestasi Qori Qori’ah semakin meningkat.

PJ Sekda Majalengka Aeron Randi dalam sambutannya menyampaikan amanah PJ Bupati Majalengka yang mengapresiasi dan penghargaan serta terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusinya bagi kesuksesan penyelenggaraan MTQ Ke-54 Tingkat Kabupaten Majalengka tahun 2024 ini.

Penghargaan dan ucapan terima kasih juga disampaikan kepada seluruh aparat yang telah menjaga keamanan, kenyamanan dan kondusivitas selama penyelenggaraan MTQ.

“Kita semua berharap suasana kondusif, damai dan religius ini tetap terpelihara sepanjang waktu.” Harapnya.

Semangat untuk membaca dan menghayati Al-Qur’an yang selanjutnya mendalami dan mengamalkan isinya jangan hanya tumbuh semusim kemudian layu kembali. Tetapi seharusnya dipandang sebagai kebutuhan bagi  setiap muslim sepanjang masa.

Pelaksanaan musabaqah merupakan sebuah wahana dalam rangka memacu pengembangan tilawah, hafalan serta pendalaman isi Al-Qur’an. Upaya yang dilakukan tidak boleh berhenti sampai di sini. Kegiatan yang penuh dengan syi'ar Islam ini dirasakan akan kurang bermakna bila tidak meninggalkan bekas dan pengaruh positif di tengah kehidupan masyarakat.

Untuk itu, diperlukan perhatian, peran serta dan tanggung jawab seluruh komponen umat serta seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka, agar penyelenggaraan MTQ ini memberi kesan dan pengaruh positif yang tampak serta dirasakan secara nyata dan terukur dalam perkembangan kehidupan masyarakat Kabupaten Majalengka di waktu dan masa mendatang.

Kepada para qori/qori’ah dan hafidz/ hafidzoh yang meraih juara dalam MTQ ke-54  ini, PJ Bupati melalui PJ Sekda Majalengka mengucapkan selamat.

“Semoga prestasi ini dapat dipertahankan dan dilanjutkan menuju Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Provinsi Jawa Barat serta tingkat Nasional. Bagi anggota kafilah yang belum berhasil meraih prestasi, agar terus berlatih dan memacu diri untuk berprestasi pada kesempatan yang akan datang.” Katanya.

“Saya juga menghimbau, bahwa semangat bermusabaqah untuk meraih prestasi tidak selayaknya menggeser niat ikhlas dalam mempelajari dan menggali ilmu-ilmu Al-Qur’an.” Imbaunya.

“Semoga partisipasi semua pihak dalam mendukung dan mensukseskan penyelenggaraan MTQ ke-54 ini menjadi amal saleh yang diridhoi Allah SWT, Aamiin ya Robbal ‘Aalamin.” Pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut disampaikan juga beberapa kejuaraan yang berkaitan dengan penyelenggaraan MTQ Ke-54 tahun 2024. Diantaranya kejuaraan pawai t’aaruf, arena MTQ terbaik, dan stand Pameran Expo terbaik. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut

  1. Pawai Ta’aruf : Juara 1 Kec. Majalengka, Juara 2 Kec. Sindang, dan Juara 3 Kec. Kasokandel.
  2. Arena MTQ terbaik : Juara 1 Arena MTQ Masjid Al Imron Kel. Cijati, Juara 2 Arena Ponpes Al-Qur’aniyah dan Juara 3 Arena MTQ Masjid Babussalam Kel. Majalengka Kulon.
  3. Stand Pameran Expo terbaik : Juara 1 Kecamatan Sindangwangi, Juara 2 Kecamatan Leuwimunding, dan Juara 3 Kecamatan Majalengka.
  4. Juara Umum pada MTQ Ke-54 Tahun 2024 diraih oleh Kafilah Kecamatan Majalengka   

Berdasarkan hasil keputusan rapat pengurus LPTQ  Kabupaten Majalengka, bahwa untuk penyelenggaraan MTQ Ke-55 pada tahun 2025 akan dilaksanakan di Kecamatan Sindang.

Editor:
Endang Mu'min
Kontributor:
Endang Mu'min
Penulis:
Endang Mu'min
Fotografer:
Endang Mu'min

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -