Berita

Kegiatan Nuansa Religi Warnai Keseharian Siswa-Siswi MTsN 3 Majalengka

Selasa, 28 Pebruari 2023 17:35 WIB
  • Share this on:

Bantarwaru (HUMAS) MTsN 3 Majalengka merupakan salah satu madrasah yang memiliki beberapa program unggulan, baik dalam bidang keagamaan maupun akademik. Dalam bidang keagamaan, bisa dilihat dari kentalnya nuansa religi yang selalu mewarnai keseharian siswa-siswi di Madrasah Tsanawiyah Negeri yang digawangi oleh H. Dede Sofyan Hadi tersebut. 

Nuansa religi tersebut terasa kental berkat konsistennya beberapa program keagamaan, seperti pembiasaan doa bersama sebelum pembelajaran. 

H. Dede menjelaskan, pembiasaan doa bersama tersebut terbagi menjadi dua bagian. Setiap hari Selasa dan Rabu pembacaan Asmaul Husna, setiap hari Kamis dan Sabtu pembacaan selawat. Adapun hari Senin diisi dengan upacara bendera. Sementara hari Jumat yaitu pembiasaan salat duha dan pembacaan surat Yaasiin bersama. 

"Alhamdulillaah, program ini sudah berjalan sejak semester ganjil. Ada guru yang mendampinginya juga. Sudah dibuat jadwal, siswa juga diberikan kertas bacaan Asmaul Husna dan selawat," ungkap H. Dede Sofyan Hadi saat turut serta mendampingi kegiatan doa bersama, Selasa (28/02/23). 

Dijelaskan Dede, pembiasaan doa bersama ini dimulai pada pukul 06.30 WIB. Teknisnya, siswa berbaris di lapang upacara berdasarkan kelasnya. Beberapa guru bertugas membagikan kertas bacaan Asmaul Husna kepada para siswa. Sementara itu, guru lainnya membersamai siswa dalam melantunkan bacaan tersebut dengan latar musik Asmaul Husna atau shalawat yang diputar melalui komputer dan tersambung dengan pengeras suara.

"Hari ini hari Selasa, jadwalnya pembacaan Asmaul Husna. Nanti setelah selesai melantunkan Asmaul Husna atau shalawat, disambung dengan membaca doa sebelum belajar secara bersama-sama", terang Dede. 

"Mudah-mudahan ini bisa menjadi wasilah dalam membentuk karakter siswa yang berakhlakul karimah," pungkasnya.

Kontributor:
Putri Siti Reykani

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -