Berita

Kemenag Majalengka Adakan Bimbingan Penting untuk Guru di MTsN 12 Majalengka, Tingkatkan Kualitas dan Karir

Sabtu, 4 Mei 2024 21:22 WIB
  • Share this on:

Dalam rangka meningkatkan kualitas dan karir guru di Kabupaten Majalengka, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Majalengka mengadakan kegiatan bimbingan bagi guru-guru di MTsN 12 Majalengka, pada Sabtu (4/5/2024). Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh guru di lingkungan MTsN 12 Majalengka.

Bimtek ini membahas empat hal penting, yaitu Teknis Penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) Guru, Kenaikan Pangkat Guru, Absensi Pusaka, Penilaian Angka Kredit (PAK) Guru.

Fahmi Fachrudin, SE., bagian kepegawaian Kemenag Majalengka, menyampaikan materi tentang teknis penyusunan SKP guru. Dalam materinya, Fahmi menjelaskan bahwa SKP merupakan alat ukur kinerja guru yang harus disusun dengan baik dan benar.

"SKP harus disusun dengan jelas, terukur, dan dapat dicapai. Guru harus berkoordinasi dengan kepala madrasah dalam menyusun SKP," kata Fahmi.

Fahmi juga menyampaikan materi tentang kenaikan pangkat guru. Dalam materinya, Fahmi menjelaskan bahwa kenaikan pangkat guru didasarkan pada beberapa persyaratan, seperti masa kerja, angka kredit, dan kinerja.

"Guru harus memenuhi persyaratan yang ditentukan agar dapat naik pangkat," ujar Fahmi.

Selanjutnya, Fahmi mengingatkan terkait absensi Pusaka. Fahmi menegaskan bahwa Absensi Pusaka merupakan tanggungjawab guru masing-masing.

"Guru harus menggunakan Absensi Pusaka dengan disiplin dan tanggung jawab," pungkas Fahmi.

Tidak luput pula,  Fahmi mengingatkan terkait PAK ( Penilaian Angka Kredit) yang merupakan penilaian terhadap kinerja guru yang dilakukan secara berkala.

Pada kesempatan yang sama, dari Seksi Pendidikan Madrasah yang diwakili oleh A. Syarifhidayatullah,M.Pd. selaku JFU Seksi Penmad menyampaikan terkait persiapan Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Uji Kompetensi Kenaikan Jabatan (UKKJ) Guru, dan Pemenuhan Beban Pengembangan Diri Guru Madrasah.

“AKG merupakan penilaian kompetensi guru yang dilakukan secara nasional, sedangkan UKKJ merupakan penilaian kompetensi guru yang dilakukan untuk kenaikan pangkat. Semunya harus dipersiapkan dengan matang.” jelas Syarif.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru-guru di MTsN 12 Majalengka tentang berbagai hal terkait dengan karir mereka. Selain itu, kegiatan tersebut juga diharapkan dapat membantu guru-guru dalam meningkatkan kualitas kinerjanya.

Editor:
Endang Mu'min
Kontributor:
Win
Penulis:
Win
Fotografer:
Syarif Hidayatullah

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -