Berita

Kemenag Majalengka Gelar Silaturahmi Idul Fitri 1445 H, Pererat Persaudaraan dan Kebersamaan

Jumat, 19 April 2024 06:20 WIB
  • Share this on:

Majalengka (Humas). Dalam rangka menyemarakkan Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka menggelar acara bertajuk Silaturahmi Idul Fitri 1445 H / 2024 M Keluarga Besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka. Acara ini berlangsung pada Kamis (18/4/2024) di Aula KPRI Hikmah Kemenag Majalengka.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Kantor Kemenag Majalengka Dr.H. Agus Sutisna, M.Pd., Kasubag TU Dr. H. Heru Hoerudin, M.Ag. beserta jajaran Kepala Seksi dan Penyelenggara Zakat Wakaf. Selain itu hadir pula PJ Bupati Majalengka yang diwakili oleh Asda I Rd. Muhammad Umar Ma’ruf, M.Si., Ketua PCNU K. Muhammad Umar, M.Ag., Ketua FKUB KH. Asep Sahidin, Ketua BAZNAS Kabupaten Majalengka Dr. H. Agus Yadi Ismail, M.Si., Kepala KUA, Kepala Madrasah, Penyuluh Agama Islam, para Ketua Ormas, Ketua Ormit Kemenag, Bank Mitra dan JFT, JFU di lingkungan Kantor Kemenag Majalengka serta tamu undangan lainnya. 

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kemenag Majalengka, Agus Sutisna menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H kepada seluruh tamu undangan yang hadir. 

“Saya selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka dan pimpinan yang lainnya mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya jika selama bertugas mengemban Amanah melakukan kesalahan, dosa dan khilaf yang mungkin telah saya lakukan baik secara sengaja maupun tidak sengaja.” Ucap Agus.

Hari kemenangan Idul Fitri, menurut mantan Kasi Bimas Islam tesebut adalah hari yang mengalirkan kebahagiaan dan kedamaian di hati serta hari di mana semua berkumpul untuk saling memaafkan, mempererat tali silaturahmi dan menikmati kebersamaan. 

“Halal bi halal adalah momentum yang Istimewa saling memaafkan dan membersihkan hati dari segala dendam dan kesalahan di masa lalu. Ini adalah waktu yang tepat untuk menguatkan hubungan kita satu sama lain, mempererat tali persaudaraan serta membina hubungan yang lebih baik di masa yang akan datang.” Tuturnya.

Agus juga mengajak kepada seluruh pegawai Kemenag Majalengka untuk menjadikan momen Idul Fitri ini sebagai momentum untuk memperkuat persaudaraan dan kebersamaan.

“Melalui kesempatan yang mulia ini marilah kita bersama-sama merenungkan makna sejati dari persaudaraan dan ukhuwah Islamiyah. Marilah kita berjanji untuk saling mendukung, memperat ikatan kekeluargaan dan menjaga kebersamaan kita di tengah-tengah perbedaan. Mari kita jadikan momen ini, sebagai titik awal untuk membangun tahun yang lebih baik lagi. Penuh dengan kedamaian, cinta dan harmoni.” Tegasnya.

“Kami menghaturkan mohon maaf jika dalam prosesi halal bi halal ini jauh dari kata sempurna. Di momen berharga ini marilah kita berdoa semoga kita semua dipanjangkan umur, sehat dan berkah serta sukses menggapai segala keinginan dan bertemu kembali dengan bulan ramadan yang akan datang.” Ungkap Agus.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Daerah I yang membidangi Kesejahteraan Rakyat, Rd. Muhamad Umar Ma’ruf, S.Sos., M.Si. yang mewakili PJ Bupati Majalengka menyampaikan salam silaturrahim dan permohonan maaf dari PJ Bupati dan juga Sekretaris Daerah yang tidak bisa membersamai pada acara halal bi halal tersebut.

Selanjutnya, Umar menyampaikan 3 makna tentang halal bi halal, diantaranya adalah agar tidak melupakan ibadah ibadah atau kebaikan yang telah dilakukan selama bulan Ramadan, sehingga bisa diterapkan di bulan-bulan berikutnya. Kedua adalah saling maaf memaafkan diantara sesama. Ketiga adalah agar bisa menjaga ukhuwah Islamiyah dan tali persaudaraan agar tidak putus dan agar terus dipelihara serta ditingkatkan di bulan-bulan selain Ramadan. 

Terakhir Umar menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran kantor Kementerian agama yang selama ini telah berkolaborasi dengan pemerintah daerah. Selain itu, Ia juga mengajak untuk terus meningkatkan kerjasama dan kolaborasi yang lebih baik antara Kementerian Agama dengan Pemerintah Kabupaten Majalengka.

Kegiatan silaturahmi tersebut diisi dengan Tausiyah yang disampaikan oleh K. Muhammad Umar, M.Ag. Ketua PCNU Kabupaten Majalengka yang juga merupakan Kepala Madrasah Aliyah Mambaul Huda Cisambeng Kec. Palasah.

"Alhamdulillah, acara silaturahminya berjalan dengan baik dan menyenangkan. Saya senang bisa berkumpul bersama dengan keluarga besar Kemenag Majalengka," kata salah satu peserta silaturahmi.

Acara silaturahmi ini diharapkan dapat mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan di antara keluarga besar Kemenag Majalengka. Selain itu, acara ini juga diharapkan dapat meningkatkan semangat kerja para pegawai Kemenag Majalengka dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

 

Kontributor:
Endang Mu'min
Penulis:
Endang Mu'min
Fotografer:
Endang Mu'min

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -