Berita

Kemenag Majalengka Lantik dan Bina KKRA, Tingkatkan Kualitas Pendidikan Raudhatul Athfal

Selasa, 30 Juli 2024 12:20 WIB
  • Share this on:

Majalengka (Humas). Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka melalui Seksi Pendidikan Madrasah menggelar acara pelantikan dan pembinaan Kelompok Kerja Raudhatul Athfal (KKRA) tingkat Kecamatan, Kelompok Kecamatan, dan Kabupaten Majalengka pada Selasa (30/7/2024) di Aula PLHUT Kemenag Majalengka. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat struktur organisasi KKRA dan meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat Raudhatul Athfal (RA) se-Kabupaten Majalengka.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kasubag TU, Dr. H. Heru Hoerudin, M.Ag.  mewakili Kepala Kantor Kemenag Majalengka yang didampingi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Dr. Hj. Euis Damayanti, M.P.Kim. 

Dalam sambutannya, Heru Hoerudin menyampaikan bahwa sudah seharusnya organisasi di tata sedemikian rupa sesuai dengan regulasinya.

“Sudah seharusnya organisasi di tingkat RA di tata sedemikian rupa sesuai regulasi yakni Kepdirjen Pendis Nomor 5852 tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Kelompok Kerja Madrasah.” Tegas Heru.

Heru juga menyebutkan bahwa ada dua organisasi yang harus dikembangkan di Tingkat RA, yang pertama Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) dan Kelompok Kerja Raudhatul Athfal (KKRA). IGRA merupakan organisasi profesi Guru RA yang berfungsi untuk memberdayakan guru, sedangkan KKRA adalah organisasi kelompok kerja Raudhatul Athfal yang anggotanya merupakan Kepala RA. KKRA memiliki tugas dan fungsi dalam peningkatan kompetensi dan berbagi informasi pengalaman belajar.

 “IGRA dan KKRA harus selaras dan tetap dalam koridor masing-masing.” Kata Heru.

Menurut Heru, ada dua tantangan RA yang harus dihadapi yakni tantangan eksternal dan internal. Tantangan eksternal terkait banyak lembaga pendidikan yang ada saat ini dan tantangan internal terkait dengan inovasi pembelajaran yang dilakukan di masing-masing RA.

“Tantangan moralitas saat ini menjadikan Masyarakat menaruh kepercayaan kepada RA dan madrasah. Jadi jangan sia-siakan kepercayaan masyarakat tersebut. Berikan pembelajaran yang inovatif yang mampu memberikan nilai lebih pada RA bapak ibu semuanya.” Imbuh Heru.

Pada kesempatan yang sama, Kasi Pendidikan Madrasah, Dr. Hj. Euis Damayanti, M.P.Kim memberikan selamat kepada 60 orang yang dilantik menjadi pengurus KKRA Kabupaten dan KKRA kelompok Kecamatan. Euis meminta KKRA terus melakukan koordinasi dengan pengawas RA untuk menjalankan tugas dan fungsinya.

“Dalam pelaksanaan kegiatan sehari-hari, saya mohon KKRA tetap koordinasi dengan pengawas. Pengawas RA bertanggungjawab untuk membina KKRA di wilayahnya masing-masing.” Tutur Euis.

Euis juga menyampaikan harapannya kepada pengurus KKRA yang dilantik agar berkontribusi nyata untuk bisa meningkatkan kualitas Pendidikan RA di Kabupaten Majalengka.

"Kami berharap dengan adanya pelantikan dan pembinaan ini, KKRA dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan mampu memberikan kontribusi yang nyata dalam meningkatkan kualitas pendidikan RA di Majalengka," ujar Euis.

Kontributor:
Win
Penulis:
Win
Fotografer:
Endang Mu'min

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -