Apel Pagi

Kepala Kantor Kemenag Majalengka Lepas Peserta Kemah Harmoni Beragama III Pada Pelaksanaan Apel Pagi Senin

Selasa, 27 Agustus 2024 02:36 WIB
  • Share this on:

Majalengka (Humas Kemenag Majalengka). Ada yang berbeda dengan suasana pada pelaksanaan Apel Pagi Senin (26/8/2024) di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka. Ada empat baris peserta apel yang mengenakan seragam Pramuka lengkap. Kehadiran mereka tidak lain dan tidak bukan adalah dalam rangka pelepasan kontingen Kemah Harmoni Beragama III Tingkat Provinsi Jawa Barat yang akan dilangsungkan pada tanggal 28 s.d 31 Agustus 2024 di Kabupaten Pangandaran.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka Dr. H. Agus Sutisna, S.Ag. M.Pd. pada kesempatan tersebut memimpin langsung apel pagi yang dihadiri Kasubag TU Dr. H. Heru Hoerudin, M.Ag beserta jajaran Kepala Seksi, Pengawas Madrasah dan PAI, Kepala Madrasah Aliyah Negeri dan para Pembina Pramuka.

Dalam amanatnya Kepala Kantor H. Agus Sutisna menyampaikan terkait dengan Pembinaan KBIHU yang telah dilaksanakan pada Ahad (25/8/2024) oleh Direktur Bina Haji Kementerian Agama RI dan Kasubdit Bimbingan Jemaah Haji di KBIHU Al-Ichwan Leuwimunding. Menurutnya kehadiran langsung Direktur Bina Haji merupakan sebuah kebanggaan dan kehormatan tersendiri dikarenakan kegiatan pembinaan KBIHU tersebut adalah yang pertama kalinya dilaksanakan setelah selesai proses penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 1445 H di Majalengka bahkan di Tingkat Nasional.

“Alhamdulillah, pembinaan terhadap KBIHU Se-Kabupaten Majalengka berjalan dengan lancar dan merupakan sebuah kehormatan bisa langsung dihadiri Direktur Bina Haji Kementerian Agama RI. Selain itu kita juga mendapatkan apresiasi bahwa KBIHU di Majalengka dinyatakan baik oleh Kementeria Agama RI.” Ujar Agus.

Selanjutnya Agus menyampaikan mengenai kegiatan ANBK dan AKMI yang sedang berlangsung di madrasah dari tanggal 19 s.d 31 Agustus 2024. Agus berharap bahwa kegiatan tersebut berjalan dengan lancar tanpa ada kendala apapun. Oleh karena itu, beliau mengapresiasi dan menyampaikan penghargaannya kepada madrasah yang terlibat dalam pelaksanaan ANBK dan AKMI tersebut.

Selain itu, Agus juga menginformasikan kegiatan Seksi Pendidikan Agama Islam (PAI) yang sedang melaksanakan pembinaan ke guru-guru PAI dari Tingkat SD sampai SMA/SMK se-wilayah Kabupaten Majalengka. Agus juga menyampaikan bahwa PAI selain mempunyai tugas pelayanan terhadap guru-guru PAI yang ada di sekolah umum, PAI memiliki kewenangan untuk mengelola dan memberikan pelayanan kepada Diniyah Takmiliyah Awaliyah.

Terkait dengan Kemah Harmoni Beragama III di Kabupaten Pangandaran, Agus menjelaskan bahwa kegiatan tersebut adalah merupakan sebuah gambaran bahwa Kementerian Agama tidak hanya menaungi Agama Islam saja. Namun semua agama yang diakui oleh negara menjadi bagian dari garapan Kementerian Agama.

“Penghuni di Kementerian Agama bukan hanya muslim, tapi beragam agama. Sehingga direktoratnya pun sangat beragam . Ada direktorat Kristen, Hindu, Budha dan Konghucu. Artinya Kementerian Agama hadir untuk semua agama.” Jelas Agus.

Oleh karena itu, menurut Agus bahwa agama ini merupakan hal yang sangat urgen bagi harmonisasi kenegaraan, maka dari awal harmonisasi ini akan terus diperkenalkan kepada anak didik di Madrasah. Melalui Kemah Harmoni Beragama siswa madrasah akan dipertemukan dengan teman-teman dari berbagai agama.

“Melalui kegiatan Kemah Harmoni Beragam kita akan mengenalkan bahwa harmonisasi di Kementerian Agama itu ada dan itu menjadi tanggung jawab kita bersama. Untuk itu kepada adik-adik yang akan mengikuti kegiatan tersebut, lakukan yang terbaik untuk Kementerian Agama Kabupaten Majalengka. Mudah-mudahan adik-adik kita ini bisa melaksanakan kegiatan dengan baik, lancar dan berkah serta bisa kembali dengan selamat.” Pungkasnya.

Editor:
Endang Mu'min
Kontributor:
Endang Mu'min
Penulis:
Endang Mu'min
Fotografer:
Endang Mu'min

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -