Seksi Pendidikan Agama Islam

Kepala Seksi PAI : 7 Peta Jalan Pendidikan Agama Islam Agar Kegiatan Pembelajaran Memiliki Tujuan yang Jelas, Sistematis dan Terstruktur.

Selasa, 20 Agustus 2024 14:12 WIB
  • Share this on:

Majalengka (Humas Kemenag Majalengka). Dalam rangka mensosialisasikan 7 Peta Jalan Pendidikan Agama Islam, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka melalui Seksi Pendidikan Agama Islam (PAI), pada Senin (19/8/2024) mengundang Guru PAI Tingkat Sekolah Dasar di 3 Kecamatan yaitu Cikijing, Cingambul dan Talaga dengan mengambil tempat di Aula PGRI Kecamatan Cikijing.

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh Kepala Seksi PAI H. Dudi Taufik Rahman, S.Ag, M.Pd beserta Staf, Pengawas PAI SD Kec. Cikijing dan Cingambul Toto Rianto, S.Ag, Pengawas PAI SD Kec. Talaga M. Yahya, S.Pd.I, Ketua KKG SD sekaligus ketua AGPAII Iding Sahidin, S.Pd.I dan sejumlah guru PAI dari ketiga Kecamatan tersebut.

Adapun 7 Peta Jalan PAI yang dimaksud yaitu Peningkatan Kompetensi dan Kualifikasi Guru dan Pengawas PAI, Peningkatan Karir dan Kesejahteraan Guru dan Pengawas PAI, Moderasi Beragama, Kurikulum PAI, School Religious Culture , Penguatan Regulasi, serta Rebranding PAI.

Dalam paparannya, Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam H. Dudi Taufik Rahman, menjelaskan pentingnya setiap guru memahami 7 Peta Jalan PAI agar kegiatan pembelajaran memiliki tujuan yang jelas, sistematis dan terstruktur.

"Kami berharap melalui sosialisasi ini, para guru dapat lebih memahami visi dan misi PAI yang terwakili secara operasional dalam 7 Peta Jalan PAI untuk memaksimalkan peran KBM di sekolah baik melalui intrakulikuler Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, P5, ekstrakulikuler, maupun muatan lokal ke PAI-an, " ujar Dudi.

Selain sosialisasi juga disediakan sesi tanya jawab untuk merespon berbagai pertanyaan dan kendala yang mungkin dihadapi oleh para guru. Tim pendamping dari Kemenag juga memberikan pendampingan terhadap proses pemberkasan Tunjangan Profesi Guru (TPG) Semester Ganjil Tahun 2024/2025.

Apresiasi yang positif datang dari para peserta atas adanya sosialisasi 7 Peta Jalan PAI tersebut. Salah satu guru PAI dari Kecamatan Talaga, Bapak Cecep Sopian, S.Pd.I, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas dukungan yang diberikan.

"Kegiatan ini sangat membantu kami untuk lebih memahami 7 Peta Jalan PAI sebagai_guidance pembelajaran. terlebih dengan adanya bimbingan langsung pemberkasan TPG, kami merasa lebih siap dalam mengurus berkas-berkas yang diperlukan."

Kegiatan ditutup dengan tadarus Al-Quran bersama untuk menguatkan school religious culture dikalangan guru PAI.

Editor:
Endang Mu'min
Kontributor:
Endang Mu'min
Penulis:
Irfan
Fotografer:
Istimewa

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -