Seksi Pendidikan Madrasah

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Beri Arahan Terkait TPG pada MGMP PPKN MTs Majalengka

Sabtu, 7 September 2024 15:59 WIB
  • Share this on:

Majalengka (Humas Kemenag Majalengka). Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Dr.Hj.Euis Damayanti,M.P.Kim hadiri Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PPKN MTs se-kabupaten Majalengka pada Sabtu (7/9/2024) di RM Sarirasa Baribis. Kegiatan tersebut diikuti oleh 76 Guru Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) jenjang MTs.

Dalam sambutannya, Euis menyampaikan apresiasi kepada seluruh guru mata pelajaran PPKN yang berusaha meningkatkan kompetensi mereka melalui  MGMP.

Pada kesempatan tersebut, Euis juga memberikan arahan penting terkait penggunaan Tunjangan Profesi Guru (TPG). Euis mengarahkan kepada seluruh peserta MGMP PPKN agar menggunakan Tunjangan Profesi Guru (TPG) untuk belanja kompetensi.

“TPG merupakan bentuk penghargaan negara atas profesionalisme guru. Silahkan dipergunakan sebagaimana mestinya dengan bijak untuk menunjang kinerja Bapak Ibu, salah satunya yaitu untuk belanja kompetensi.”

Selain itu, Euis menyampaikan bahwa mulai tahun 2025 salah satu syarat pencairan TPG adalah sertifikat pengembangan diri minimal 20 JP per semester. Sehingga mewajibkan guru untuk mengikuti kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan keprofesian guru. Euis mengarahkan bahwa kegiatan MGMP tersebut berkonsep “in-on-in” sehingga lebih efektif.

“Bapak Ibu melakukan kegiatan “in” nih disini, 8 jam. Kemudian dilanjutkan kegiatan “on” kelas di madrasah. Apa yang dibahas pada kegiatan “in” sebelumnya diimplementasikan di kelas. Kemudian pekan berikutnya kegiatan “in” lagi untuk melakukan evaluasi.” Jelas Euis.

Pada akhir sambutannya, Euis mengingatkan kepada peserta MGMP PPKN untuk menerapkan pembelajaran berbasis digital. Menurutnya, inovasi pembelajaran harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah. Euis juga berharap MGMP PPKN terus berjalan sehingga bisa meningkatkan kompetensi guru PPKN yang akan berimbas pada kualitas pendidikan madrasah di Kabupaten Majalengka.

Dalam MGMP tersebut, para guru PPKN MTs juga berdiskusi mengenai perangkat ajar Kurikulum Merdeka, pembentukan tim penyusun soal ASAS tahun 2024/2025 dan sosialisasi pembentukan pengurus baru FKK MGMP PPKN MTs Kabupaten Majalengka masa bakti 2024-2027.

Editor:
Endang Mu'min
Kontributor:
Win
Penulis:
Win
Fotografer:
Win

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -