Berita

Kolaborasi Kemenag dan Polda Jabar, Merajut Kebersamaan Kehidupan Beragama

Rabu, 5 Juni 2024 14:52 WIB
  • Share this on:

Bandung (Humas). Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jawa Barat terus bersinergi bersama Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat dalam rangka menjaga stabilitas keamanan negara dan kebersamaan kehidupan umat beragama. Kepala Kanwil Kemenag Prov. Jawa Barat, H. Ajam Mustajam, menyatakan bahwa sinergitas ini bertujuan untuk menciptakan kehidupan beragama yang aman dan kondusif.

“Mari bergandengan tangan menciptakan kondusifitas yang lebih baik,” ujar H. Ajam dalam kegiatan Silaturahmi Kementerian Agama dan Kepolisian Daerah Jawa Barat pada Selasa (4/6/2024) di Rumah Dinas Kapolda Jabar.

H. Ajam juga mengatakan bahwa sejatinya tugas dan fungsi Kementerian Agama itu sama seperti TNI dan Polri, yakni sama-sama menjaga stabilitas keamanan. Maka dari itu, sudah merupakan tugas bersama dalam menjaga dan mengamankan kebhinekaan.

“Sejatinya kita itu punya tugas fungsi sama seperti TNI dan Polri dalam menjaga stabilitas kemanaman, hanya dalam bentuk yang berbeda. Kemenag menjaga stabilitas keamanan dalam stabilitas umat beragama yang bisa menerima berbagai perbedaan. Mudah-mudahan di Jabar tetap aman stabil dalam stabilitas beragama,” Jelas Ajam. 

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama dan perwakilan tokoh agama se-Jawa Barat, H. Ajam mengungkapkan peran penting tokoh agama dalam rangka menjaga keamanan dan stabilitas beragama di wilayah provinsi Jawa Barat.

“Terakhir tugas kita semua menjaga mengamankan kebhinekaan tidak membedakan. Jaga stabilitas keamanan Jabar. Saya percaya kita bisa berkolaborasi dan bersinergi untuk menciptakan kehidupan yang harmoni. Hal itu tidak terlepas dari peran penting para tokoh dan ormas,” Ujar Ajam.

Pada kesempatan yang sama, Akhmad Wiyagus, Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat, menyatakan bahwa saat ini tantangan dalam menjaga stabilitas keamanan negara sangat dipengaruhi oleh media sosial. Oleh karena itu, diperlukan sinergitas antara Polda, Kementerian Agama, serta tokoh masyarakat dalam rangka penyampaian pesan-pesan kamtibmas melalui dakwah atau kegiatan keagamaan lainnya.

“Berikhtiar berkolaborasi dengan semua pihak. Merajut kebersamaan dalam kehidupan beragama peran tokoh agama sangat penting. Tantangannya melalui medsos ini menjadi tanggungjawab kita semua. Pesan kamtibmas akan lebih efektif disampaikan tokoh agama karena lebih menyentuh wilayah umat beragama” Ujar Akhmad.

Pada kesempatan tersebut Plh. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka Dr. H. Heru Hoerudin, M.Ag. turut hadir bersama seluruh Kepala Kantor Kemenag se-Jawa Barat.

Kontributor:
Endang Mu'min
Penulis:
Taupik Hidayat
Fotografer:
Taufik Hidayat

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -