Berita

KUA Argapura Gelar Penyerahan Pakaian Isbat Nikah kepada Calon Peserta Isbat Nikah Terpadu

Selasa, 13 Agustus 2024 09:20 WIB
  • Share this on:

Majalengka (Humas Kemenag Majalengka). Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka bekerjasama dengan Pengadilan Agama dan Instansi terkait akan melaksanakan Isbat nikah secara massal dengan memanfaatkan momentum peringatan Hari Ulang Tahun Ke-79 Republik Indonesia. Terdaftar sebanyak 79 pasangan se-Kabupaten Majalengka yang akan turut serta mengikuti kegiatan Isbat nikah massal yang akan diselenggarakan pada tanggal 14 Agustus 2024 tersebut.

Adapun isbat nikah adalah pengesahan pernikahan seorang laki-laki dan perempuan muslim yang telah dilaksanakan dan memenuhi syarat rukun perkawinan secara agama namun tidak dicatatkan di Kantor Urusan Agama (KUA).

Untuk itu, persiapan demi persiapan yang terkait dengan pendaftaran, pemberkasan dan penyediaan sarana dan prasarana sudah dilakukan oleh Kementerian Agama yang dalam hal ini adalah KUA dalam rangka mensukseskan isbat nikah massal tersebut. Tak ketinggalan pula KUA Kecamatan Argapura turut melakukan persiapan salah satu diantaranya dengan melaksanakan acara penyerahan pakaian seragam pengantin kepada calon peserta isbat nikah pada Senin (12/8/2024). Acara ini diselenggarakan di kantor KUA Kecamatan Argapura dan dihadiri oleh perwakilan dari calon peserta isbat nikah beserta keluarga mereka.

Penyerahan pakaian isbat nikah ini merupakan bagian dari program bantuan untuk membantu calon pengantin yang akan mengikuti proses isbat nikah. Pakaian tersebut disediakan sebagai bentuk dukungan agar peserta isbat nikah dapat mengikuti prosesi dengan lebih baik dan terhormat.

Kepala KUA Kecamatan Argapura Drs H Wawan Ridwanullah, M.MPd, mengatakan bahwa dengan adanya bantuan pakaian kepada calon peserta isbat nikah dapat melaksanakan prosesi pernikahan mereka dengan penuh rasa hormat dan keseriusan. 

"Ini merupakan wujud kepedulian kami terhadap masyarakat dalam memfasilitasi proses pernikahan yang sah secara hukum dan agama." Ujar Wawan.

Salah satu penerima bantuan, Kemed menyampaikan rasa terima kasih atas diberikannya fasilitas untuk pelaksanaan isbat nikah.

"Saya sangat bersyukur atas bantuan ini. Dengan adanya pakaian ini, saya merasa lebih siap dan percaya diri untuk melaksanakan isbat nikah. Terima kasih banyak kepada KUA Argapura yang telah memfasilitasi memberikan bantuan ini." Katanya.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat bagi lebih banyak masyarakat di masa depan. Pihak KUA juga mengingatkan kepada calon peserta isbat nikah untuk mempersiapkan segala kebutuhan lainnya agar prosesi pernikahan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai harapan.

 

Editor:
Endang Mu'min
Kontributor:
Endang Mu'min
Penulis:
KUA Argapura
Fotografer:
Istimewa

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -