Seksi Pendidikan Madrasah

Membuka Kegiatan P2M MTsN 5 Majalengka, Kepala Kantor Kemenag : Pramuka Membentuk Karakter Siswa yang Tidak Hanya Cerdas Secara Intelektual, Tetapi Juga Matang Secara Spiritual dan Sosial.

Selasa, 1 Oktober 2024 18:36 WIB
  • Share this on:

Banjaran (Humas Kemenag Majalengka)- Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Majalengka, Dr. H. Agus Sutisna, M.Pd, menghadiri dan sekaligus membuka kegiatan Perkemahan Pramuka Madrasah (P2M) di bumi perkemahan Pasanggrahan Desa Genteng Kecamatan Banjaran, Selasa (1/10/2024). Kegiatan tersebut diikuti oleh 459  siswa-siswi MTsN 5 Majalengka, dari kelas 7 dan kelas 8 yang dihadiri secara langsung oleh Kepala MTsN 5 Majalengka H. Dodo Sunandi, M.Pd. selaku Mabigus MTsN 5 Majalengka beserta jajaran para Pembina Pramuka.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kemenag H. Agus Sutisna menekankan pentingnya mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Dasa Darma Pramuka. Ia secara khusus menyoroti poin pertama dalam Dasa Darma, yakni "Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa," dengan menekankan kewajiban menjaga shalat lima waktu sebagai bagian dari aktualisasi nilai takwa tersebut.

“Shalat adalah bentuk pengabdian dan ketaatan kita kepada Allah SWT. Dengan melaksanakan shalat lima waktu, kita secara nyata mengamalkan poin pertama Dasa Darma, yaitu bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ujar Agus. “Apapun kondisinya shalat harus dilaksanakan”, tegasnya.

Selain itu Agus juga menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan perkemahan ini yang tidak hanya menjadi ajang pembentukan karakter melalui kegiatan kepramukaan, tetapi juga merupakan sarana untuk membina generasi muda yang unggul dalam bidang keagamaan, akademik, dan keterampilan. Menurutnya, Gerakan Pramuka memiliki peran strategis dalam membentuk pribadi yang kuat, berakhlak mulia, dan berintegritas.

“Pramuka mengajarkan banyak hal penting. Bukan hanya keterampilan hidup, tetapi juga nilai-nilai keagamaan dan akademik. Inilah yang membuat Pramuka menjadi salah satu organisasi terbaik dalam mencetak generasi yang unggul, kuat, dan berakhlak mulia,” tambahnya.

Kegiatan perkemahan ini diisi dengan berbagai aktivitas, mulai dari latihan kepramukaan, pembinaan spiritual, hingga pelatihan keterampilan praktis. Tujuan utama dari perkemahan ini adalah untuk memperkuat mental dan fisik para peserta, serta membentuk pribadi yang tangguh dan mandiri.

Acara pembukaan diakhiri dengan doa bersama, dan Dr. H. Agus Sutisna berharap agar kegiatan ini dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat yang besar bagi semua peserta.

Kegiatan Perkemahan Pramuka Madrasah yang akan berlangsung dari tanggal 1 s.d 3 Oktobe 2024 ini, merupakan salah satu program rutin MTsN 5 Majalengka untuk membentuk karakter siswa yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga matang secara spiritual dan sosial.

Dengan kehadiran Kepala Kantor Kemenag Majalengka, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan motivasi lebih bagi para siswa untuk terus berprestasi, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik, serta mengamalkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.

Editor:
Endang Mu'min
Kontributor:
Win
Penulis:
Taupik Hidayat
Fotografer:
Taufik Hidayat

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -