Berita

Penyelenggaraan Ibadah Haji 2024 Sukses, Kemenag Jabar Gelar Tasyakur dan Doa Bersama

Rabu, 24 Juli 2024 22:40 WIB
  • Share this on:

Bandung (Humas). “Suksesnya penyelenggaraan ibadah haji tahun ini tidak terlepas dari ikhtiar seluruh pihak yang berpartisipasi dalam penyelenggaraan ibadah haji mulai dari jemaah haji, panitia dan pemerintah daerah, dan lebih utama kesuksesan ini merupakan kehendak Allah SWT sehingga perlu dilaksanakan tasyakuran dan doa bersama para jemaah haji dan jajaran ASN Kementerian Agama,”

Hal tersebut disampaikan Kepala Kanwil Kemenag Jabar, Drs. H. Ajam Mustajam, M.Si pada acara tasyakur bin ni'mah, istighosah dan doa bersama atas selesainya operasional penyelenggaraan haji provinsi Jawa Barat tahun 1445 H/ 2024 M di Hotel Puri Khatulistiwa Kab. Sumedang pada Selasa (23/07/2024). 

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka turut ambil bagian mengikuti kegiatan tasyakur bini'mah, istighasah dan doa bersama tersebut melalui luring di halaman Masjid Al Ikhlas. Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Kantor Dr. H. Agus Sutisna, M.Pd. Kasubag TU Dr. H. Heru Hoerudin, M.Ag. dan jajaran Kepala Seksi, Pengawas Madrasah dan PAI, JFU dan JFT, KUA Kecamatan Majalengka, KUA Kecamatan Panyingkiran dan KUA Kecamatan Cigasong serta para petugas haji.

Tasyakur binni’mah dilaksanakan serentak seluruh Kanwil, Kankemenag se-Indonesia pada hari ini atas suksesnya penyelenggaraan haji. Kemenag Kab/Kota se-Jawa Barat mengikuti Tasyakur secara luring. Menurut Kakanwil, kegiatan ini adalah bagian juga dari evaluasi dari penyelenggaraan haji yang cukup melelahkan. 

“Alhamdulilah penyelenggaran Ibadah Haji 1445 H dapat sukses tanpa celah berkat kerjasama dan kolaborasi yang baik. Tentu, bercermin kepada diri kita sendiri tentang kelemahan dan kelebihan selama pelaksanana ibadah haji tahun ini. Jadi mengkaji satu per satu item yang dilaksanakan. Alhamdullillah, tahun ini semau tusi layanan berjalan dengan baik. Untuk itulah dilaksanakan syukuran, karena secara nasional tidak ada lagi terjadi persoalan seperti tahun sebelumya," jelasnya.

Kakanwil berharap seluruh jemaah haji yang berangkat bisa menjaga kemabruran dan meningkatkan kesholehah. Ia memberikan tiga amanah kepada tamu undangan yang hadir baik daring maupun luring.

“Kuatkan keimanan dan ketakwaan, meningkatkan keshalehan sosial dan menjaga kestabilan ekonomi di wilayah masing-masing. Silakan terjemahkan masing-masing pesan penting ini,” tegasnya.

Kementerian Agama pada penyeleggaraan ibadah haji 2024 melaksanakan beberapa inovasi yang dilakukan sehingga operasional penyelenggaran ibadah haji tahun ini berjalan lancar.

“Sebelum pelunasan ada istithaah kesehatan. Ini luar biasa dampaknya. Salah satu indikatornya adalah jumlah jemaah haji yang wafat tahun ini turun drastis dibanding tahun lalu. Tahun ini juga para jemaah hanya lewat saja sebentar di Muzdalifah. Kemudian penginapan juga ditempatkan di daerah yang aman dari arus lalulintas, ” ucap Kakanwil.

Dikatakan, kedepan inovasi terus dilakukan oleh Kemenag dalam rangka memberikan layanan yang lebih baik kepada jemaah haji.

Dalam kesempatan ini, Kanwil Kemenag Jabar juga memberikan santunan kepada 25 anak yatim yang diberikan sebelum istighosah dan doa bersama.

Hadir dalam kesempatan ini, Kabag TU, para Kepala Bidang dan Pembimas, Kankemenag se-Bandung Raya serta para Kasi, Ketua FK-KBIHU Provinsi Jawa Barat, para Ketua Tim, Penyuluh setiap Kecamatan se-Bandung Raya, dan Petugas Haji. 

Kontributor:
Endang Mu'min
Penulis:
Kanwil Kemenag Jawa Barat
Fotografer:
Endang Mu'min

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -