Berita

Penyuluh Agama Islam Makin Berkualitas, Dapatkan Pembinaan dari Humas Kemenag Majalengka

Rabu, 21 Agustus 2024 16:39 WIB
  • Share this on:

Jatitujuh (Humas Kemenag Majalengka). Acara ini adalah sebuah acara yang sangat baik. KUA telah mendapatkan amanat, yang mana amanat ini merupakan salah satu bagian daripada tugas pokok fungsi KUA. Dimana dalam tupoksi KUA sekarang ini ada sepuluh. Salah satu diantaranya adalah yaitu pada point ketiga pengelolaan dokumentasi dan system informasi manajemen KUA.

Demikian hal itu disampaikan Kepala KUA Kecamatan Jatitujuh H. Iwan Ridwan, Lc. yang didampingi Ketua IPARI Kabupaten Majalengka A. Sarkani, S.Ag. pada Senin (19/8/2024) disaat memberikan sambutan dan sekaligus membuka acara Evaluasi dan Penguatan Kehumasan pada Satker KUA dengan mengambil tempat di Aula BUMDES Pandawa, Desa Pilangsari Kecamatan Jatitujuh.

Kegiatan tersebut menghadirkan Humas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka Endang Mu’min yang diikuti oleh Penyuluh Agama Islam Kecamatan Ligung, Jatitujuh, Kertajati, Jatiwangi dan Sumberjaya.

“Jadi memang kita punya kewajiban untuk mendokumentasikan dan menginformasikan setiap kegiatan,” Lanjut Iwan. “Kemarin kita diperintahkan untuk setor satu berita satu hari dan sudah dilaksanakan. Oleh karena itu, mungkin ini salah satu bagian dari evaluasi tersebut.” tutur Iwan.

Iwan berharap bahwa dengan adanya publikasi kegiatan melalui pemberitaan bisa menjadi corong terhadap produk-produk dan layanan yang dilaksanakan di KUA yang dalam hal ini penggeraknya adalah para penyuluh PAI fungsional dan PPPK.

“Karena memang sebaik apapun layanan kita, sesempurna apapun pekerjaan kita, kalau tidak ada yang menginformasikan tentu tidak akan orang tahu. Yang lebih banyak menyebar mungkin informasi yang negative saja. Sebuah system dalam pemerintahan semakin jelek sebuah berita itu akan semakin diminati. Apalagi sifatnya gossip dan berita negative lainnya. Untuk hal itu minat masyarakat sangat besar.” Jelas Iwan.

Dalam kesempatan yang sama Endang Mu'min sebagai Humas Kemenag Majalengka yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut, menyampaikan bahwa Kemenag Majalengka terus berupaya dengan serius dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi seluruh Penyuluh Agama. Salah satu langkah yang dilakukan yaitu melakukan pembinaan, evaluasi dan penguatan kehumasan terhadap para Penyuluh Agama Islam selain para kontributor berita satker KUA.

Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan ini yaitu teknik menyusun berita yang baik dan benar. Sehingga berita yang akan ditampilkan dan di publis ke masyarakat adalah berita yang menarik, informatif, memiliki nilai positif dan juga dapat menaikkan citra yang baik bagi instansi Kementerian Agama.   

Endang berharap dengan adanya pembinaan ini dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi para Penyuluh Agama dalam membuat laporan dan pemberitaan.

"Kegiatan pembinaan, evaluasi dan penguatan kehumasan ini adalah salah satu bentuk keseriusan Kemenag dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi para Penyuluh Agama, terutama terkait dengan informasi dan pemberitaan." tutur Endang.

Selain teknik penyusunan berita, disampaikan juga teknik pengambilan photo untuk dokumentasi sebagai pelengkap berita dan juga evaluasi terkait pengiriman bahan berita ke Humas Kemenag Majalengka sebagai upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas berita agar layak terbit dan juga menarik untuk dibaca oleh masyarakat.

Editor:
Endang Mu'min
Kontributor:
Endang Mu'min
Penulis:
Wiwin Asmawiyah
Fotografer:
Istimewa

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -