Berita

Pertandingan Volley Ball dan Olimpiade Sains IPA, IPS, Matematika Tingkat SMP/MTs Mewarnai Peringatan HAB ke-32 MAN 1 Majalengka

Rabu, 28 Pebruari 2024 13:36 WIB
  • Share this on:

Majalengka (Humas). “Luar biasa, moto Kepala MAN 1 Majalengka, ‘Jangan Menua Tanpa Karya’. Saya teringat dengan apa yang disampaikan Nabi Muhammad Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dalam sabdanya ‘Jika terjadi hari kiamat sementara di tangan salah seorang dari kalian ada sebuah tunas, maka jika ia mampu sebelum terjadi hari kiamat untuk menanamnya, maka tanamlah.’ Artinya mengajarkan kepada kita, bahwa kita harus selalu berkarya untuk masa yang akan datang.” Demikian hal tersebut menjadi pembuka Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka Dr. H. Agus Sutisna, S.Ag., M.Pd. dalam memberikan sambutannya pada Selasa (27/2/2024) di saat membuka acara Hari Amal Bakti (HAB) Ke-32 MAN 1 Majalengka yang dilangsungkan di lapangan olahraga. Hadir mendampingi, Kepala MAN 1 Majalengka Dra. Hj. Aas Nurhidayah, M.Pd.I. Wakasek, Kepala MTsN 5 Majalengka, Perwakilan dari Polsek Talaga, Jajaran tenaga pendidik dan kependidikan serta para Kepala MTs maupun SMP Se-Wilayah Selatan Majalengka.

Sebelum melanjutkan pembicaraannya Agus, mengajak kepada yang hadir untuk bersama-sama mengucapkan Moto Kementerian Agama Kabupaten Majalengka yaitu CERIA : Cepat, Edukatif, Religious, Inovatif, Akuntabel sambil mengangkat tangan dengan jari membentuk huruf C.

Selanjutnya Agus menyampaikan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang hadir pada kesempatan tersebut, “Ucapan terima kasih, saya sampaikan terlebih dahulu ke tamu-tamu undangan yang hadir pada kesempatan siang hari ini. Para Kepala Madrasah Tsanawiyah termasuk Kepala MTsN 5 Majalengka, kemudian dari Cingambul, Alhamdulillah bisa hadir. Dan yang teristimewa, teman-teman dari SMP hadir di sini.” Ucap Agus.

“Saya secara pribadi maupun kelembagaan untuk civitas akademika MAN 1 Majalengka ini, mengucapkan selamat ulang tahun Ke-32.” Ujar Agus. Menurutnya, ulang tahun ini memiliki dua makna. Pertama, makna syukur.

“Kita harus terus bersyukur, termasuk ketika sekarang MAN 1 Majalengka ini menginjak pada usia ke-32 ini dengan segala apa yang dimilikinya saat ini. Wajib bersyukur. Apalagi untuk guru-gurunya juga harus terus bersyukur, karena kita tidak lelah mencari pekerjaan. Tapi harus lelah untuk mengamankan pekerjaan yang ada. Oleh karena itu rasa syukur itu memiliki arti menjaga amanah yang diberikan dan melaksanakan tugas dengan penuh keikhlasan serta tanggung jawab.” Jelas Agus.

Yang kedua, makna introspeksi. “Kemajuan yang kita lihat saat ini, harus betul betul di jaga dan ditingkatkan untuk kemajuan madrasah secara keseluruhan. Sedangkan hal-hal yang terkait dengan kekurangannya agar segera dibenahi, dilakukan perbaikan-perbaikan dan juga dilakukan peningkatan kualitas terutama untuk SDM yang ada, baik tenaga pendidik maupun kependidikannya.” Tutur Agus.

Pada kesempatan tersebut Agus juga mengingatkan bahwa keberadaan MAN 1 Majalengka tidak terlepas dari lembaga pendidikan pendahulunya yakni PGA (Pendidikan Guru Agama) yang berada di tempat yang sama.  

“Mungkin dulu bapak-bapak atau kakek-kakek Anda, sekolah disini yang namanya PGA dan sekarang menjadi MAN 1 Majalengka. Inilah sekolah yang dianggap karuhun untuk warga Talaga atau Majalengka Selatan. Sampaikan salam. Pertama mungkin ke keluarga besar di SMP, di MTs. Kemudian yang kedua juga sampaikan salam kami ke keluarga Anda semuanya.” Ujarnya.

Terakhir, Agus menyampaikan ucapan selamat bertanding kepada seluruh peserta yang akan mengikuti kompetisi volley ball dan olimpiade sains Tingkat MTs/SMP Se-Wilayah Selatan Kabupaten Majalengka.

“Saya ucapkan selamat bertanding. Mudah-mudahan kompetisi ini memiliki makna yang luar biasa. Pertama silaturahim, kemudian yang kedua mengembangkan potensi.” Ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala MAN 1 Majalengka Hj. Aas Nurhidayah menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bapak Kepala Kemenag pada HAB ke-32 MAN 1 Majalengka. Selain itu, Aas juga menjelaskan bahwa kegiatan HAB tersebut adalah dalam rangka mengenalkan bagaimana MAN 1 Majalengka.

“Jadi jangan hanya melihat MAN 1 Majalengka itu dari luar oleh teman-teman dari SMP dan MTs. Inilah MAN 1 Majalengka. MAN 1 Majalengka boleh lebih keren dengan mengenal ke dalam. Selain mengenalkan MAN 1 Majalengka lebih jauh, tujuan penyelenggaraan kegiatan ini  selanjutnya adalah untuk meningkatkan silaturrahim dan persaudaraan. Dan terakhir tentu bahwa kegiatan ini sangat berkaitan untuk suksesnya penerimaan peserta didik baru Tahun 2024-2025.” Terang Aas.

“Selain kegiatan lomba juga ada kegiatan yaitu Proyek P5-P2RA (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil ‘Alaamiin). Oleh karena itu, untuk kelas 10 karena kita sudah Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), maka kita harus ada ekspos yaitu P5-P2RA. Mungkin kalau di SMP itu hanya P5 saja Kalau di kita harus dengan Rahmatan lil ‘Aalaminnya. Jadi ada juga kegiatan ulang tahun, ada juga kegiatan proses pembelajaran. Mudah-mudahan kegiatannya berjalan lancar.” Harap Aas.

Kegiatan dalam rangka memperingati HAB Ke-32 MAN 1 Majalengka tersebut diisi dengan perlombaan Volley Ball dan Olimpiade Sains IPA, IPS dan Matematika antar MTs/SMP se-Wilayah Selatan Kabupaten Majalengka. Adapun jumlah peserta untuk turnamen Volley Ball diikuti oleh 19 kontingen yang terdiri dari 10 utusan SMP dan 9 dari utusan MTs. Sedangkan untuk Olimpiade Sains diikuti oleh sebanyak 18 kontingen terdiri dari 9 utusan SMP dan 9 utusan dari MTs.  

Kontributor:
Endang Mu'min
Penulis:
Endang Mu'min
Fotografer:
Endang Mu'min

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -