Berita

PJ Bupati Majalengka : Jadikan MTQ Sebagai Momentum untuk Mengaktualisasikan Nilai-Nilai Al-Qur’an dalam Merawat Ukhuwah Persatuan Umat Menuju Majalengka Sindangkasih Sugih Mukti

Rabu, 11 September 2024 19:03 WIB
  • Share this on:

Majalengka (Humas Kemenag Majalengka). Selaku pribadi, pemerintah dan masyarakat Majalengka, menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas penyelenggara MTQ ke-54 Tahun 2024 ini, hal ini menunjukan komitmen kita terhadap pembangunan spiritual masyarakat sebagai pondasi dalam membangun karakter bangsa dan negara, khususnya generasi muda kita sebagai generasi penerus perjuangan bangsa.

Demikian  hal tersebut disampaikan PJ Bupati Majalengka Dr. H. Dedi Supandi, M.Si. pada Selasa (10/9/2024) di saat memberikan sambutan dan sekaligus membuka kegiatan MTQ Ke-54 Tingkat Kabupaten Majalengka Tahun 2024 di Lapangan GGM Majalengka.

Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka Dr. H. Agus Sutisna, S.Ag., M.Pd. beserta Kasubag TU Dr. H. Heru Hoerudin, M.Ag. dan jajaran Kepala Seksi serta Penyelenggara Zakat Wakaf.

Selanjutnya PJ Bupati H. Dedi Supandi menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh kafilah dari 26 Kecamatan yang telah siap berkompetisi untuk menjadi qori’ -qoriah’, hafidz-hafidzah, khathath, dan cendekiawan terbaik tingkat Kabupaten Majalengka. “Untuk selanjutnya diharapkan dapat mewakili Kabupaten Majalengka di tingkat Provinsi bahkan Nasional.” Harap Dedi.

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), menurut Dedi sepatutnya harus mampu menggugah dan menjadi daya tarik, sekaligus menjadi penyemangat bagi generasi muda untuk mempelajari Al- Qur'an, mencintai Al-Qur’an, mengamalkan Al-Qur’an dan dapat dijadikan momentum untuk memasyarakatkan nilai–nilai Al-Qur’an sehingga dapat menjadi perekat persatuan Ummat.

Pada pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten Majalengka Tahun 2024, Dedi ingin memastikan bahwa pesertanya merupakan kader terbaik di Kabupaten Majalengka atau putra daerah Kabupaten Majalengka.

“Ini harus menjadi perhatian bersama untuk menggali potensi peserta daerah yang kompetitif dan berdaya saing. Oleh karena itu, saya menghimbau kepada para official, pendamping di LPTQ Kecamatan agar memanfaatkan dan memaksimalkan potensi putra daerah di Majalengka.” Jelas Dedi.

Dedi juga menghimbau agar menjadikan MTQ sebagai momentum untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Al-Qur’an dalam merawat ukhuwah persatuan umat untuk menjadikan Majalengka Sindangkasih Sugih Mukti.

Kepada para Dewan Hakim, Dedi berpesan agar menjaga MTQ yang bernuansa religi dari praktik-praktik yang tidak terpuji. “Junjung tinggi sportivitas jauhi provokasi, jauhi intervensi dan jauhi manipulasi. Pastikan menang tanpa curang, berprestasi tanpa manipulasi.” Tegasnya.

Selain itu, Dedi juga berpesan kepada seluruh kepala perangkat daerah, para Camat dan PKK di Kecamatan agar memanfaatkan stand pameran Majalengka selama 3 hari penuh dari tanggal 10 s.d 12 September 2024 untuk memamerkan dan menjual produk-produk unggulan dan kuliner khas dari masing-masing Kecamatan atau OPD binaan.

“Jadikan Pameran Majalengka Expo ini sebagai sarana promosi dan penjajakan peluang pasar untuk memperluas jangkauan pemasaran dari produk-produk Majalengka.” Ajak Dedi.

“Kepada segenap kafilah MTQ, saya mengucapkan selamat berkompetisi. Tunjukkan segenap kemampuan saudara semaksimal mungkin, sehingga hasil yang diperoleh dapat terwujud sesuai dengan yang diharapkan.” Pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua LPTQ Kabupaten Majalengka yang juga ASDA I H. Rd. Muhammad Umar Ma’ruf, M.Si. dalam laporannya menyampaikan bahwa diselenggarakannya MTQ Ke-54 dan Pameran Majalengka Expo Promosi Bersama UMKM 2024 adalah dalam rangka meningkatkan pemahaman kandungan Al-Qur’an sebagai sumber inspirasi dan motivasi untuk membangun kualitas diri dalam menjaga lingkungan tertib, aman, tentram dengan dilandasi keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Selain itu, menurut Umar juga dalam rangka mempererat silaturrahim dan ukhuwah Islamiyah sebagai modal dasar dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara serta sarana evaluasi upaya pembinaan Pembangunan Al-Qur’an oleh LPTQ Kabupaten Majalengka dan Kecamatan se-kabupaten Majalengka.

“Semoga terlahir qori-qori’ah, hafidz hafidzoh, Khath Khattatah, yang berkualitas untuk mewakili Kabupaten Majalengka pada kegiatan MTQH Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2025.” Harap Umar.

Adapun peserta yang mengikuti MTQ Ke-54 tersebut sebanyak 374 orang dari 26 Kecamatan Se-Kabupaten Majalengka yang akan bermusabaqah pada delapan cabang yang akan dilaksanakan selama 3 hari.

Pembukaan MTQ Ke-54 Tingkat Kabupaten Majalengka tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Majalengka, Unsur Forkopimda, PJ Sekda Kabupaten Majalengka, Para Pejabat Eselon II, III, dan IV di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka, Pimpinan/Direktur BUMN/BUMD Kabupaten Majalengka, Ketua MUI, Ketua FKUB, dan Ketua BAZNAS Kabupaten Majalengka serta Para Kepala KUA Se-Kabupaten Majalengka.

Rangkaian pembukaan MTQ Ke-54 tersebut ditutup dengan Pawai Ta'aruf yang diikuti oleh 26 Kecamatan dalam berbagai penampilan kostum juga karya seni budaya dan profesi serta penampilan dari siswa-siswi sekolah atau madrasah

Editor:
Endang Mu'min
Kontributor:
Endang Mu'min
Penulis:
Endang Mu'min
Fotografer:
Endang Mu'min

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -