Berita

Plh. Kepala Kantor Kemenag Majalengka Hadiri Haflah Imtihan ke-24 dan Pelepasan Siswa MTs Al Anwar Angkatan I

Kamis, 20 Juni 2024 07:44 WIB
  • Share this on:

Plh. Kepala Kantor Kemenag Kab. Majalengka, Dr. H. Heru Hoerudin, M.Ag didampingi Kasi PHU dan Kasi PD Pontren menghadiri kegiatan haflah imtihan ke-24 dan purna Siswa MTs Al Anwar Angkatan I di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al Anwar, Rabu (19/6/2024) di Desa Pinangraja. Hadir Kabag Kesra mewakili Pj Bupati, Ketua PC NU, Camat Jatiwangi, unsur muspika, segenap alim ulama dan tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Heru Hoerudin memberikan apresiasi atas perekembangan pondok pesantren Miftahul Huda Al Anwar beserta lembaga pendidikan formalnya yang berkembang pesat dan akeseleratif. Ia bahkan optimis dan menaruh harapan besar terhadap pondok pesantren tersebut akan menjadi besar di kemudian hari.

Selanjutnya, Heru juga menjelaskan betapa luar biasanya otak manusia yang kapasitasnya sangat besar sehingga mampu menampung apapaun. Oleh karena itu menurut Heru jangan hawatir jika santri dibebani dengan berbagai hafalan, seperti hafalan al Quran, kitab kitab kuning, pelajaran eksak  dan keilmuan lainnya. Potensi otak tersebut menurut Heru betul betul harus dimanfaatkan dengan baik terlebih selagi muda.

Kemudian, Heru juga menyampaikan bahwa sebagai calon generasi penerus bangsa, generasi Z harus memiliki kompetensi yang mumpuni, karakter yang baik, dan kemampuan literasi yang memadai. Dengan tiga kata kunci tersebut Heru optimis lulusan pesantren akan mampu menajdi pesaing yang tangguh dan akan meraih masa depan yang cerah. 

"Lanjutkan pendidikan formalnya, lanjutkan pondok pesantrennya, seimbangkan antara pendidikan formal dan pesantren", pesan Heru. 

"Lulusan pondok pesantren dan madrasah sudah banyak yang berhasil. Jangan meragukan kualitas lulusan pesantren dan madrasah", pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Pj Bupati, Majalengka yang diwakili Kabag Kesra, H. Asep Zaki menegaskan bahwa pondok pesantren Miftahul Huda Al Anwar memiliki mursyid yang luar biasa sehingga sudah tepat jika mondok disini. Pondok ini cocok bagi para calon generasi emas yang benar bukan hanya sekedar pintar. Pondok pesantren menjadi pondasi yang kuat untuk membentuk generasi bangsa yang benar dan pintar. 

Terakhir Kabag Kesra juga menyampaikan terimakasih atas peran pondok pesantren dalam membantu pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. 

Kemudian, rangkaian imtihan ditutup dengan ceramah atau siraman rohani dari Ust. Ghozali Muda.

Editor:
Win
Kontributor:
Win
Penulis:
Taupik Hidayat
Fotografer:
Taufik Hidayat

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -