Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh

Plh. Kepala Kantor Kemenag Majalengka : Persiapkan Dengan Matang Agar Pemulangan Jemaah Haji Berjalan Dengan Lancar dan Sukses

Sabtu, 22 Juni 2024 21:53 WIB
  • Share this on:

Majalengka (Humas). Rangkaian pelaksanaan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1445 H/2024 M sudah memasuki masa pemulangan. Oleh karena itu, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kabupaten Majalengka melaksanakan rapat persiapan pemulangan jemaah haji yang bertempat di Aula PLHUT Kemenag Majalengka, Jum'at (21/6/2024). 

Hadir pada kesempatan tersebut Plh. Kepala Kantor Kemenag Majalengka Dr. H. Heru Hoerudin, M.Ag. Kasi PHU H. Abu Mansyur, M.Pd.I. Kabag Kesra H. Asep Zaki Mulyatno, MKM. Kabag OP Polres Majalengka Kustadi, Ketua FK-KBIHU H. Iman Suherman, ST. Selain itu rapat tersebut dihadiri pula oleh para Kepala Seksi Kankemenag Majalengka, para Kepala KUA, Para Ketua KBIHU dan para pemandu Bus. 

Plh. Kepala Kankemenag H. Heru Hoerudin menyampaikan dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas terselenggaranya pelaksanaan ibadah haji tahun 1445 H/2024 M. 

"Kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah bekerjasama memfasilitasi pelaksanaan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1445H ini. Begitupun dengan Dinas Kesehatan, Polres dan juga teman teman dari KBIHU." Ucap Heru. 

Selain itu, Heru juga menginformasikan bahwa jemaah haji asal Kabupaten Majalengka yang tergabung dalam Kloter KJT 04 akan tiba di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati pada hari Senin (24/6/2024). Oleh karena itu, menurutnya diperlukan persiapan persiapan yang matang agar berjalan dengan lancar dan sukses. Tidak hanya kloter KJT 04, Heru juga berharap pemulangan jemaah haji pada setiap kloter harus benar-benar dipersiapkan dengan baik dan terus lakukan koordinasi dengan pihak pihak terkait. 

Pada kesempatan yang sama Kasi PHU H. Abu Mansyur juga menjelaskan mengenai prosesi pemulangan dan kedatangan jemaah haji di BIJB Kertajati sesuai dengan alur kedatangan dan pemeriksaan yang telah di atur oleh pihak Bandara. Sehingga akan memudahkan prosesnya tanpa harus menunggu lama di Bandara. 

Sesuai dengan prosedur yang telah disepakati pada rapat koordinasi PHU di tingkat Kanwil Kemenag Jawa Barat, bahwa pemulangan jemaah haji akan lebih dipermudah tanpa harus banyak transit. Keputusan hasil rapat tersebut menjelaskan bahwa untuk jemaah haji kloter KJT semuanya akan dipulangkan langsung ke Kabupaten/Kotanya masing-masing tanpa harus ke Asrama Haji terlebih dahulu. 

Berbicara mengenai koper jemaah haji, ketua Forum KBIHU H. Iman menyampaikan bahwa koper jemaah akan dikumpulkan dan di pilah sesuai rombongannya sebelum dibawa oleh jemaah haji atau keluarga yang bertempat di Aula Kantor Kemenag Majalengka. Sehingga akan mudah melakukan pengecekan dan juga mengurangi resiko koper tertukar dengan jemaah lainnya. 

 

Kontributor:
Endang Mu'min
Penulis:
Endang Mu'min
Fotografer:
Endang Mu'min

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -