Berita

Rapat Evaluasi Penyerapan Anggaran, Pengelolaan BMN, dan Pelaksanaan Zona Integritas, Plh. Kepala Kantor Ingatkan Beberapa Hal Penting

Jumat, 28 Juni 2024 06:52 WIB
  • Share this on:

Majalengka (Humas). Plh. Kepala Kantor Kemenag Majalengka, Dr. H. Heru Hoerudin, M.Ag. pimpin langsung Rapat Evaluasi Penyerapan Anggaran, Pengelolaan BMN dan Pelaksanaan Zona Integritas di Kemenag Majalengka, Rabu pagi (26/6/2024). Hadir Kasi PHU, Kasi Penmad, Kasi Bimas dan Kasi PD Pontren. Rapat evaluasi tersebut digelar untuk mengetahui sejauh mana serapan anggaran yang sudah tercapai sampai akhir Juni 2024 ini.

Pada kesempatan tersebut, Heru mengingatkan terkait serapan anggaran tahun 2024. Menurutnya sampai akhir Juni ini serapan masih belum optimal. Masih banyak satker yang serapan anggarannya dibawah ambang batas yang telah ditargetkan. Ia minta serapan anggaran tahun 2024 minimal diangka 60 s.d 70 persen pada akhir Juli 2024. Ia mendorong setiap anggaran yang bisa diserap, segera diserap jangan ditunda tunda lagi, baik anggaran pemeliharaan, belanja maupun kegiatan lainnya.

Selanjutnya, untuk menggali hambatan, kendala dan penyebab masih rendahnya serapan anggaan, Heru membuka ruang diskusi. Setiap PPK, bendahara pengeluaran, perencana dan peserta lainnya diberi kesempatan untuk memberikan penjelasan agar didapat gambaran utuh terkait postur anggaran, hambatan dan kendala yang dihadapi masing-masing satker. Dari hasil diskusi tersebut Heru minta agar setiap hambatan dan kendala dicarikan solusinya, sehingga target 70% diakhir juli bisa tercapai.

Kemudian rapat evaluasi juga diisi dengan pembahasan terkait pengelolaan BMN dan pelaksanaan Zona Integritas. BMN menurut Heru harus dikelola dengan baik, diinventarisasi barangnya, dipelihara dengan baik dan jika ada barang yang rusak segera diajukan penghapusannya. Jangan sampai ada BMN hilang atau pindah tangan, jangan sampai BMN yang sudah rusak parah dibiarkan saja, kalo masih bisa diperbaiki segera perbaiki, kalo tidak bisa segera ajukan penghapusannya.

Sementara itu terkait pelaksanaan Zona Integritas, Heru mengingatkan bahwa Zona Integritas adalah salah satu kontrak kerja Kemenag Majalengka Tahun 2024, dimana tahun 2024 ini ditargetkan bisa lolos ke tahap selanjutnya. Oleh karena itu, Ia meminta dukungan penuh dari semua pihak agar target tersebut tercapai. Tim ZI yang sudah terbentuk diminta agar segera bergerak kembali mengumpulkan eviden dan menguploadnya ke PMPZI. Sehingga pada saatnya penilaian nanti sudah siap.

Kontributor:
Endang Mu'min
Penulis:
Taupik Hidayat
Fotografer:
Endang Mu'min

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -