Berita

Rapat Koordinasi Kepala Kantor Kemenag Bersama Kepala Madrasah dan Operator Madrasah Ini Pesan Yang Disampaikan

Kamis, 23 Pebruari 2023 10:38 WIB
  • Share this on:

Rapat Koordinasi Kepala Kantor Kemenag Bersama Kepala Madrasah dan Operator Madrasah Ini Pesan Yang Disampaikan

Majalengka (Humas) Kepala Kantor Kementerian Agama Majalengka Dr. H. Agus Sutisna, S.Ag. M.Pd. yang didampingi Kasi Penmad Dr. H. Heru Hoerudin, M.Ag. dan Penyelenggara Zakat Wakaf H. Sofyan Firdaus, SH. memberikan sambutan pada kegiatan Koordinasi Madrasah yang bertempat di Aula Kemenag Majalengka, Rabu (22/2/2023). Rapat koordinasi tersebut diikuti Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri, Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri, Kepala Madrasah Aliyah Negeri, Kepala TU dan para operator di masing-masing Madrasah Negeri.

Pada kesempatan tersebut Agus menyampaikan bahwa terkait dengan pengelolaan keuangan di Madrasah masih ada kendala pada beberapa point. Point pertama menurut Agus terdapat pada proses pencairan keuangan. Hal ini berkenaan dengan SOP yang ada di bagian keuangan Kemenag. Namun hal tersebut sedang terus dilakukan perbaikan perbaikan agar pencairan kembali sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Point selanjutnya yang kedua, bagian keuangan kesulitan mengakses data yang mana data-data tersebut berada di Madrasah. Oleh karena itu, diharapkan Madrasah segera untuk melengkapi data-data yang dimaksud agar prosesnya bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala. Terakhir masih menurut Agus bahwa didapatkan masih ada pegawai yang melakukan hubungan dengan lembaga lembaga keuangan yang tidak melakukan MOU dengan pihak Kemenag. Sehingga hal tersebut akan menyulitkan proses pengelolaan terutama mengenai pemotongan keuangan yang bersangkutan di bagian keuangan di Kantor Kemenag.

Selain itu Agus menyampaikan informasi bahwa akan dilaksanakan Rapat Kerja Wilayah yang akan berlangsung pada tanggal 22-24 Februari 2023 dengan mengambil tempat di Purwakarta.
"Kami mohon doanya kepada Bapak dan Ibu bahwa pada hari ini (Rabu, 22/2/2023) sampai Jum'at (24/2/2023) akan dilaksanakan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Kemenag Provinsi Jawa Barat yang mana acara tersebut secara luring akan dihadiri oleh saya sebagai Kepala Kantor Kemenag, Kasubag TU, dan Kepala Madrasah Aliyah Negeri. Sedangkan bagi Bapak dan Ibu Kepala MTsN dan MIN serta Kepala KUA diundang melalui Daring. Semoga ada dalam kelancaran." Harap Agus.

Selanjutnya Agus menyampaikan bahwa Baznas Majalengka dan Penyelenggara Zakat Wakaf akan mensosialisasikan mengenai zakat. Menurut Agus bahwa proses pengumpulan dan pendistribusian zakat fitrah masih mengacu pada pelaksanaan sebelumnya yakni diterima dan dibagikan oleh masing-masing UPZ Madrasah. Baznas dalam hal ini hanya meminta agar seluruh UPZ yang ada di Madrasah dapat segera melaporkan hasil pengumpulan dan pendistribusian tersebut melalui UPZ Kemenag Majalengka yang nantinya akan diteruskan ke Baznas Kabupaten Majalengka .

Terakhir Agus menginstruksikan kepada Kepala Madrasah agar ikut andil dalam menginformasikan berbagai kegiatan yang ada di masing masing Madrasah. Kegiatan tersebut tentunya yang memiliki kaitan dengan tupoksi kinerja yang ada di Madrasah dan juga kegiatan yang dapat memberikan informasi positif tentang Madrasah. Oleh karena itu, Agus menekankan agar informasi kegiatan yang dimaksud disampaikan ke Kemenag melalui Humas. Selain itu agar ikut aktif mendukung informasi di media website maupun media sosial yang di kelola oleh Humas Kemenag.

Kontributor:
Endang Mu'min
Penulis:
Endang Mu'min
Fotografer:
Endang Mu'min

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -