Berita

Seksi Pais Kemenag Majalengka Lakukan Kunjungan ke UIN Suka Yogyakarta

Jumat, 28 Juli 2023 15:07 WIB
  • Share this on:

Seksi PAIS Kemenag Majalengka yang dipimpin oleh Dudi Taufik Rahman, M.Pd lakukan kunjungan ke UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Selasa pagi (25/7/2023). Kunjungan tersebut untuk mengetahui keunggulan UIN SUKA dalam Pendidikan Profesi Guru.

Dijelaskan Dudi, Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan bagian penting dalam proses peningkatan profesionalisme pendidik. PPG dilaksanakan oleh Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang ditunjuk oleh pemerintah. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta merupakan salah satu LPTK yang menyelenggarakan PPG bagi guru madrasah dan guru PAI pada sekolah yang secara konsisten memfasilitasi program ini dan terus berbenah memperbaiki mutu pelatihan.

Berdasarkan evaluasi penyelenggaraan PPG dua tahun terakhir (2021 & 2022) UIN SUKA berhasil meluluskan 97% peserta PPG. Prestasi ini diapresiasi pemerintah dengan menganugrahkan penghargaan sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik penyelenggara PPG. Hal ini akhirnya menjadi pemicu LPTK lain untuk bekerjasama dan mengadopsi formula yang dilaksanakan UIN SUKA.

Ketua Prodi PPG UIN Sunan Kalijaga, Dr. Suwadi, mengungkapkan ada 7 (tujuh) keunggulan dalam penyelenggaraan PPG. Pertama program pendampingan melalui virtual hotline service, selanjutnya prakondisi peserta dalam pembelajaran, bedah kisi-kisi, refreshment pendalaman materi, try out uji pengetahuan, pelatihan pengembangan media video pembelajaran dan pendampingan melekat melalui proktor sebagai fasilitator.

Dengan segala upaya yang dilakukan diharapkan program PPG bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Kontributor:
Ichwan Alfayadh
Penulis:
Taupik Hidayat

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -