Seksi Pendidikan Madrasah

Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Majalengka Gelar Rakor dan Pembinaan Langsung Oleh Kepala Kanwil Kemenag Jawa Barat

Senin, 26 Agustus 2024 21:43 WIB
  • Share this on:

Majalengka (Humas Kemenag Majalengka). Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka sukses menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan Pembinaan bagi madrasah di lingkungan Kabupaten Majalengka pada Senin (26/8/2024). Kegiatan yang berlangsung di Aula Koperasi Hikmah ini dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, Drs. H. Ajam Mustajam, M.Si. didampingi oleh Kepala Kantor Kemenag Majalengka, Dr. H. Agus Sutisna, M.Pd., Kasubag TU, Dr. H. Heru Hoerudin, M.Ag., serta jajaran Kepala Seksi Kemenag Majalengka.

Rakor tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah dengan penerapan kurikulum merdeka. Dalam sambutannya, Kepala Kanwil Kemenag provinsi Jawa Barat menyampaikan arahan dan motivasi kepada seluruh peserta agar terus meningkatkan kualitas pendidikan madrasah.

“Pendidikan madrasah memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk generasi muda yang berakhlak mulia dan kompeten. Oleh karena itu, kita harus terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan madrasah.” Ujar Ajam.

Beliau juga menambahkan bahwa maju mundurnya madrasah tergantung pada kepala madrasahnya.

“Semua Kepala Madrasah diseleksi melalui proses asesmen terlebih dahulu,selain itu Kepala Madrasah juga harus mengikuti uji kompetensi, sehingga diharapkan yang terpilih benar-benar kompeten dan mampu meningkatkan kualitas madrasah.” Imbuhnya.

Ajam juga menegaskan bahwa madrasah harus mempertimbangkan kualitas, tidak hanya memperhatikan kuantitas.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kemenag Majalengka Dr. H. Agus Sutisna, M.Pd. menyampaikan beberapa hal penting terkait madrasah diantaranya pelaksanaan Kurikulum Merdeka yang sudah mencapai 100% pada madrasah di lingkungan Kemenag Majalengka.

“Alhamdulillah di Kabupaten Majalengka semua madrasah sudah menerapkan Kurikulum Merdeka, dan saat ini penyusunan dokumen kurikulum masih terus dilakukan sampai dengan batas akhir yaitu 31 Agustus 2024.” Kata Agus.

Selain itu, Agus juga menyampaikan beberapa hal penting diantaranya dua madrasah di Majalengka berhasil maju ke KSM Tingkat Nasional yaitu MTs Daarul Uluum dan MTs Al Ikhlas Baribis, Digitalisasi Madrasah, Uji Kompetensi Kenaikan Jabatan (UKKJ), sertifikasi halal yang sudah 100% yang menduduki ranking kesatu dan di Madrasah Negeri kantinnya sudah semuanya memiliki sertifikasi halal serta pelepasan peserta kemah Harmoni Moderasi Beragama IiI di Kabupaten Pangandaran sebanyak 6 regu dari perwakilan Madrasah Aliyah di Kabupaten Majalengka.

Peserta dari kegiatan tersebut ialah seluruh Kepala MI dan MTs se-Kabupaten Majalengka serta guru dan tenaga kependidikan MAN 2 Majalengka. Kegiatan tersebut diharapkan menjadi bekal dan motivasi bagi Kepala Madrasah untuk terus berinovasi meningkatkan kualitas madrasah di Kabupaten Majalengka.

Editor:
Endang Mu'min
Kontributor:
Win
Penulis:
Win
Fotografer:
Endang Mu'min

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -