Berita

Seksi Penmad Kemenag Majalengka Gelar Deklarasi Komitmen Bersama Untuk Mewujudkan Kelas Digital Pada Madrasah Kabupaten Majalengka

Senin, 3 Juni 2024 14:47 WIB
  • Share this on:

Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka menggelar kegiatan Deklarasi Komitmen Bersama untuk Mewujudkan Kelas Digital pada Madrasah Kabupaten Majalengka pada Senin, 3 Juni 2024 di Aula Koperasi Hikmah Kemenag Majalengka. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Jawa Barat, Drs. H. Ajam Mustajam, M.Si., Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Provinsi Jawa Barat, Drs. H. Usep Saepudin Muhtar, M.Pd., Widyaiswara BDK Bandung sebagai coach, Dr. Ayi Nasrudin, M.Pd., Plh. Kepala Kemenag Majalengka, Dr. H. Heru Hoerudin, M.Ag., serta jajaran pejabat di lingkungan Kemenag Majalengka, para Pengawas Madrasah, para Kepala Madrasah dan ketua PC RA se-Kabupaten Majalengka.

Deklarasi komitmen tersebut merupakan langkah awal dalam mewujudkan kelas digital pada madrasah di Kabupaten Majalengka. Kelas digital adalah konsep pembelajaran yang menggabungkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam proses belajar mengajar. Kelas digital diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah dan mempersiapkan peserta didik untuk menghadapi tantangan di era digital.

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil Provinsi Jawa Barat, Dr. H. Ajam Mustajam, M.Si., mengapresiasi dan mendukung kegiatan tersebut. Program digitalisasi madrasah merupakan salah satu program prioritas Kemenag untuk meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah.

"Saya apresiasi dan mendukung aksi perubahan ini. Komunikasikan dan bersinergi dengan semua komponen serta tentukan target.” Pesan Ajam.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat, Drs. H. Usep Saepudin Muhtar, M.Pd. yang dalam hal ini juga berperan sebagai mentor dari Aksi Perubahan yang sedang dilaksanakan oleh Kepala seksi Pendidikan Madrasah Kabupaten Majalengka.

“Saya memberikan apresiasi atas kegiatan ini dan saya harap kegiatan ini ditindaklanjuti oleh seluruh madrasah yang sudah berkomitmen bersama pada hari ini.” Ujar Usep.

Pada kesempatan yang sama, Plh.Kepala Kemenag Majalengka Dr. H.Heru Hoerudin, M.Ag.  memaparkan data madrasah yang di Kabupaten Majalengka.

“Kemenag Majalengka memiliki 517 lembaga pendidikan formal yang terdiri dari 302 RA, 88 MI, 88 MTs, dan 39 MA.”

Heru juga menyampaikan terima kasih kepada Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Dr.Hj.Euis Damayanti, M.PKim. yang telah menginisiasi deklarasi madrasah digital.

Kegiatan tersebut juga diisi dengan demo pembelajaran digital yang diisi oleh Tim MAN 3 Majalengka sebagai madrasah percontohan pada aksi perubahan Kasi Pendidikan Madrasah  Majalengka.

Kegiatan deklarasi komitmen ini diakhiri dengan penandatanganan deklarasi komitmen bersama oleh Kepala Kanwil, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag Provinsi Jawa Barat, Plh. Kepala Kemenag Majalengka, jajaran pejabat Kemenag Majalengka, JFU Seksi Pendidikan Madrasah, para Pengawas Madrasah serta seluruh Kepala Madrasah dan RA se-Kabupaten Majalengka.

Deklarasi komitmen ini diharapkan menjadi komitmen bersama untuk mewujudkan kelas digital pada madrasah di Kabupaten Majalengka. Dengan kelas digital, diharapkan kualitas pendidikan di madrasah dapat meningkat dan peserta didik dapat lebih siap untuk menghadapi tantangan di era digital.

Kontributor:
Win
Penulis:
Win
Fotografer:
Endang Mu'min

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -