Berita

Silaturrahim Bersama PJ Bupati Majalengka, Kepala Kantor Kemenag Sampaikan Hal-Hal Berikut

Kamis, 28 Desember 2023 14:57 WIB
  • Share this on:

Majalengka (Humas). Dalam rangka mempererat hubungan koordinasi yang erat sekaligus menjalin komunikasi yang efektif dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka Dr. H. Agus Sutisna, S.Ag. M.Pd. pada Rabu (27/12/2023) bersama Kasubag TU Dr. H. Heru Hoerudin, M.Ag. dan jajaran Kepala Seksi melakukan kunjungan silaturrahim dengan Penjabat Bupati Majalengka di gedung Pendopo.

Dr. Dedi Supandi, S.STP., M.Si. sebagai Penjabat Bupati Majalengka yang didampingi Asda II Rd. Muhammad Umar Ma'ruf, S.Sos. M.Si. dan Kabag Kesra H. Asep Zaki Mulyatno, S.KM., M.KM. menerima Kepala Kantor dan rombongan di ruangan Pendopo yang biasa digunakan untuk menerima tamu dengan penuh kekeluargaan dan kehangatan.

Pada kesempatan tersebut, Agus atas nama rombongan menghaturkan terima kasih kepada PJ Bupati atas penerimaan silaturrahim dari Kantor Kemenag Majalengka ditengah kesibukannya dalam menjalankan tugas kesehariannya.
"Kami ucapkan salam silaturrahim dan juga terima kasih kepada Bapak yang telah berkenan meluangkan waktunya untuk bisa menerima silaturrahim kami dari Kemenag Majalengka." Ujar Agus.

Selanjutnya Agus menyampaikan beberapa hal terkait dengan program-program Kantor Kemenag Majalengka yang sedang dan akan dilaksanakan. Sebelumnya Agus memperkenalkan terlebih dahulu para pejabat yang hadir membersamainya dalam kunjungan silaturrahim tersebut.

Adapun yang menyertai silaturrahim pada kesempatan tersebut selain Kasubag TU, hadir Kepala Seksi Bimas Islam H. Sofyan Firdaus, S.H. Kasi PHU H. Abu Mansyur, S.Ag., M.Pd.I. Kasi PAIS Dudi Taufik Rahman, S.Ag., M.Pd. Kasi Penmad Dr. Hj. Euis Damayanti, M.P.Kim., Kasi PD Pontren H. Ade Firmansyah, M.Pd.I., dan Penyelenggara Zakat Wakaf Dr. Ojun Rojun M.Ag.

Diantara hal yang disampaikan Agus pada kesempatan tersebut terkait dengan penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Provinsi Jawa Barat. Agus meminta saran dan petunjuk PJ Bupati dalam rangka mensukseskan perhelatan MTQ Tingkat Provinsi Jawa Barat ke-38 pada tahun 2024 yang akan dilangsungkan di Bekasi tersebut.

Terkait hal itu, PJ Bupati memberikan arahan agar segera disiapkan segala hal terkait dengan pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi tersebut.

"Saya mohon kiranya Pak Asda dan Kabag Kesra untuk terus berkoordinasi dengan Kemenag mengenai segala hal terkait dengan  pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi. Saya sebagai PJ Bupati yang juga di Provinsi sebagai Ketua LPTQ menyerahkan sepenuhnya tentang persiapan tersebut dengan maksimal, baik berkenaan dengan peserta, akomodasinya dan juga mengenai "kadeudeuh" bagi yang juara. Jangan sampai nanti ada kesan lain karena saya sebagai Ketua LPTQ Provinsi." Tutur PJ Bupati sambil berkelakar.

Selanjutnya, Kepala Kantor juga melaporkan mengenai kesiapan penyelenggaraan Haji tahun 1445 H/2024 M yang sudah mulai di laksanakan persiapannya.

"Saya juga ingin menyampaikan kepada Bapak, terkait dengan penyelenggaraan Haji tahun 1445 H/2024 M yang saat ini sudah mulai kami laksanakan persiapannya. Diawali dengan pempasporan bagi jemaah calon Haji. Selain itu, tentunya dalam penyelenggaraan haji masih berkaitan dengan pelayanan terhadap jemaah lansia. Yang ini masih menjadi prioritas bagi penyelenggaraan haji tahun 1445 nanti. Oleh karenanya kami berharap Bapak berkenan memberikan arahan terkait dengan hal tersebut." Tutur Agus.

"Pada pemberangkatan haji tahun 1444 H, saya hadir sebagai Asda Kesra Provinsi yang turut melakukan persiapan-persiapan penyelenggaraan haji bersama Kepala Kanwil Kemenag Jawa Barat. Masih banyak tentunya persiapan yang harus dilakukan dengan perbaikan-perbaikan, terutama terkait dengan asrama haji yang belum memiliki sarana dan prasarana yang lengkap. Makanya pemprov mendorong agar untuk penyelenggaraan tahun yang akan datang agar bisa dipersiapkan lebih maksimal. Apalagi dengan penambahan kloter yang lebih banyak dari sebelumnya." Jelas PJ Bupati memberikan penegasan. 

Selain itu, Dedi juga memberikan saran mengenai prosesi pemberangkatan jemaah calon haji dari Kabupaten Majalengka.

"Jemaah calon haji yang akan berangkat kiranya tidak perlu direpotkan dengan berbagai hal seremonial dalam proses pemberangkatannya. Apalagi masih banyak jemaah calon haji yang lansia. Saya kira lebih efektif jika nanti saya sebagai PJ Bupati langsung melepas jemaah calon haji langsung di Asrama Haji tidak di Pendopo. Jadi tidak sampai dua kali proses pelepasannya. Silakan nanti di rapatkan alur perjalanannya. Kasian kepada jemaah calon haji akan merasakan kelelahan. Jadi kita pangkas prosesnya agar semuanya nyaman dan terjaga kondisi kesehatannya. Jangan sampai dari sini direpotkan dengan berbagai hal yang tak semestinya, tiba di tanah suci malah kesehatannya menurun. Itu yang tidak kita harapkan." Ungkapnya.

Selain hal tersebut, Kepala Kantor Kemenag pun menyampaikan mengenai acara puncak Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama dengan akan diselenggarakannya upacara peringatan HAB ke-78 pada tanggal 3 Januari 2024 yang akan datang.

"Pada kesempatan ini, kami juga ingin melaporkan dan sekaligus juga mengundang Bapak pada acara puncak Hari Amal Bhakti Ke-78 Kementerian Agama dengan akan diadakan upacara yang mana tidak kami lakukan seperti biasanya atau di pusatkan di Kabupaten. Termasuk seragam yang akan kami kenakan juga tidak seperti halnya upacara-upacara yang biasa kita laksanakan. Kami akan mengenakan seragam upacara dengan memakai kaos." Ujar Agus.

"InsyaAllah, untuk upacara kita bagi ke dalam 5 titik wilayah dengan mengacu pada ikon sejarah di tempat yang telah ditentukan." Lanjut Agus. "Diantaranya untuk peringatan upacara HAB di Kabupaten akan dipusatkan di sekitar makam Pangeran Muhammad. Sedangkan di daerah ada di MTsN 7 Majalengka (Jatitujuh) dengan sejarah Kibagus Ranginnya, di MTs Sabilul Halim dengan tokoh pahlawan KH. Abdul Chalim Leuwimunding, di Ponpes Santi Asromo dengan Pahlawan Nasional KH. Abdul Halim, dan di MAN 1 Talaga dengan sejarah kerajaan Talaga Manggungnya." Tutur Kepala Kantor.

Terakhir Kepala Kantor menyampaikan perihal keberadaan gedung kantor KUA yang sebagian diantaranya berada di lahan Pemda maupun Pemdes serta sebagian Madrasah juga demikian.

PJ Bupati kemudian memberikan arahan agar setiap gedung KUA maupun Madrasah yang ada di lahan-lahan Pemda maupun Pemdes tersebut harus diadakan pendataan yang valid sehingga bisa lebih jelas dan terarah dalam menyelesaikan permasalahannya dan bisa didapatkan titik temu solusinya.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Bapak Dr. H. Karna Sobahi, M.MPd. dan Bapak Tarsono D. Mardiana telah menyelesaikan masa jabatannya sebagai Bupati dan Wakil Bupati Majalengka periode 2018-2023. Sehubungan dengan waktu untuk pemilihan Bupati/Wakil Bupati masih terbilang lama, maka ditunjuk Penjabat Bupati Majalengka oleh Penjabat Gubernur Jawa Barat untuk menggantikan Bupati Majalengka yang telah habis masa jabatannya.

Dr. Dedi Supandi, S.STP., M.Si. yang menjabat Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jawa Barat saat ini yang juga merupakan putra daerah Majalengka, akhirnya ditunjuk untuk memimpin Majalengka sebagai Penjabat Bupati oleh Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin, S.E., M.T.

Dedi dilantik sebagai Penjabat Bupati Majalengka pada 19 Desember 2023 karena menunggu jadwal Pemilihan umum Bupati Majalengka yang akan diselenggarakan secara serentak dengan Pilkada lain pada tahun 2024. Dedi akan menjabat sebagai Pj. Bupati Majalengka hingga terpilih bupati definitif hasil Pilkada Majalengka 2024.

Kontributor:
Endang Mu'min
Penulis:
Endang Mu'min
Fotografer:
Endang Mu'min

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -