Berita

Terkait Istitho'ah Kesehatan Haji, Kantor Kementerian Agama Majalengka Berkolaborasi Dengan Dinas Kesehatan Yang Dikemas Dalam Pertemuan Persiapan P3KJH

Sabtu, 16 Maret 2024 14:03 WIB
  • Share this on:

Majalengka (Humas). Kantor Kementerian Agama Kabupaten Majalengka berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan menyelenggarakan kegiatan Pertemuan Persiapana Penyelenggaraan Pemeriksaan Kesehatan Jemaah Haji (P3KJH) yang mengambil tempat di Convention Hall Fitra Hotel Majalengka, Kamis (14/2/2024). Pada kesempatan tersebut hadir Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Majalengka Dr. H. Agus Sutisna, S.Ag., M.Pd. yang didampingi Kasi PHU H. Abu Mansyur, S.Ag., M.Pd.I., Kepala Dinas Kesehatan Majalengka, H. Agus Susanto, S.Sos., M.Si., Dinas Kesehatan Provinsi Dedi Supriyadi, S.KM. Dan Hj. Siti Romlah Setiawaningsih, S.KM. Katimja Survim Dinas Kesehatan Majalengka.

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Majalengka H. Agus Susanto. Dalam sambutannya Agus menyampaikan terima kasih kepada Kepala Kantor Kemenag Majalengka atas kerjasamanya dalam rangka suksesnya penyelenggaraan ibadah haji. 

“Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Kankemenag atas Kerjasama, koordinasi dan kolaborasinya dalam sama-sama mensukseskan penyelenggaraan ibadah haji, khususnya di Kabupaten Majalengka. Semoga kolaborasi antara Kemenag dan Dinas Kesehatan dalam upaya melakukan pelayanan bagi Jemaah Haji terutama terkait dengan Istitho’ah Kesehatan sebagai syarat yang telah disepakati Bersama diberikan kelancaran dan senantiasa terus terjalin dengan baik.” Ucap Agus.

Selanjutnya terkait dengan istitho’ah kesehatan bagi calon jemaah haji, Agus berharap agar hal tersebut harus lebih intensif dalam melakukan sosialisasinya baik terhadap calon Jemaah haji maupun keluarganya. 

“Saya berharap, nohon kiranya kepada seluruh para tenaga kesehatan di setiap Puskesmas agar terus mensosialisasikan mengenai istitho’ah dan juga kebijakan kesehatan terhadap calon Jemaah haji. Lakukan edukasi yang baik dan jelas kepada calon Jemaah haji dan juga keluarga serta di lingkungan masyarakat. Jangan sampai terjadi kesalahfahaman dalam hal istithoah kesehatan yang di maksud.” Harap Agus.  

Selain itu, untuk menjaga kesehatan bagi calon Jemaah haji yang sudah dinyatakan istitho’ah, Agus mengingatkan agar dilakukan kegiatan-kegiatan kebugaran dengan berbagai macam variasinya.

“Konsep kita agar tingkat kebugaran diawali sejak dini dengan berbagai macam variasi kegiatan agar jemaah calon haji bisa terus menjaga kebugarannya sampai nanti dalam pelaksanaan ibadah haji. Karena ibadah haji merupakan ibadah fisik dan juga mental. Maka harus benar-benar dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Laksanakan kegiatan kebugaran yang bisa meningkatkan kesehatan jemaah calon haji secara kontinyu dengan harapan mereka nantinya bisa melanjutkannya secara mandiri.” Ungkap Agus.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kemenag Majalengka H.Agus Sutisna sebagai salah satu narasumber pada kegiatan tersebut mengawali pembicaraannya dengan menyoroti tentang Istitho’ah. 

“Yang dimaksud dengan istitho’ah dalam pelaksanaan ibadah haji, tidak hanya menyangkut materi atau finansial semata. Namun di sana terdapat beberapa hal diantaranya, administrasi, akomodasi dan tak kalah pentingnya adalah kesehatan mental dan fisik. Oleh karena itu, kami dari Kementerian Agama sangat mengapresiasi terhadap istilah Istitho’ah Kesehatan bagi calon Jemaah haji yang menjadi syarat untuk bisa melaksanakan ibadah haji. Karena hal tersebut akan memberikan kelancaran dan kemudahan dalam pelaksanaan ibadah haji nantinya.” Ujar Agus.

Selanjutnya Agus memaparkan mengenai evaluasi penyelenggaraan haji khususnya di Kabupaten Majalengka. Dalam pemaparannya Agus menyampaikan beberapa hal, diantaranya informasi mengenai kuota haji regular Kab. Majalengka, rencana perjalanan haji tahun 1445 H/2024 M, petugas yang akan melaksanakan pendampingan dan bimbingan terhadap Jemaah haji mulai dari embarkasi hingga Arab Saudi, dan juga mengenai rencana bimbingan manasik haji, serta persyaratan pendampingan Jemaah haji lansia. 

Kegiatan Pertemuan P3KJH tersebut diikuti oleh dua orang perwakilan dari setiap Puskesmas di Kabupaten Majalengka, Dinas Kesehatan, Labkesda, dan para petugas TKHI yang akan bertugas mendampingi Jemaah haji tahun 1445 H / 2024 M.  

Kontributor:
Endang Mu'min
Penulis:
Endang Mu'min
Fotografer:
Endang Mu'min

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -