Berita

Tingkatkan Budaya Literasi, MTSN 3 Majalengka Jalin Kerjasama Dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Majalengka

Senin, 13 Maret 2023 22:08 WIB
  • Share this on:

Bantarwaru (Humas) Sebagai madrasah unggulan, MTSN 3 Majalengka terus tingkatkan budaya literasi membaca, baik latin maupun bahasa Arab. Untuk mewujdukan hal tersebut, MTsN 3 Majalengka jalin kerjasama dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Majalengka. 

Kepala MTsN 3 Majalengka, Dr. H. Dede Sofyan Hadi, M.Ag. menyatakan bahwa bentuk kerjasama MTsN 3 Majalengka dengan Disarpusda Kabupaten Majalengka yaitu dengan adanya perpustakaan keliling. Menurutnya, perpustakaan keliling ini sangat membantu para siswa dalam mencukupi kebutuhan bacaan dan pembelajaran. Mengingat bahwa ketersediaan buku-buku di perpustakaan madrasah belum lengkap layaknya perpustakaan besar (perpustakaan daerah/perpustakaan umum), maka perpustakaan keliling menjadi solusi yang tepat.

"Kami mengundang pihak Disarpusda Majalengka melalui surat permohonan yang kami kirimkan. Kemudian diterima dengan baik dan langsung bersedia datang ke sini sesuai jadwal yang kami tentukan yaitu hari ini, Kamis (09/03/2023)," terangnya.

Fasilitas perpustakaan keliling yang disediakan oleh Disarpusda Majalengka sendiri merupakan salah satu program Disarpusda Majalengka. Untuk meningkatkan kemampuan literasi masyarakat Kabupaten Majalengka, khususnya di kalangan pelajar, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Majalengka, Gun Gun Mochamad Dharmadi, S.H., M.Pd. mengirimkan surat edaran ke setiap stakeholder yang menyatakan bahwa setiap lembaga yang ada di wilayah Kabupaten Majalengka diwajibkan untuk kunjungan literasi ke gedung Disarpusda Majalengka, utamanya lembaga pendidikan (sekolah). Apabila terkendala dengan jarak, pihak sekolah berhak mengajukan permohonan agar pihak Disarpusda yang mendatangi sekolah-sekolah tersebut.

"Kami sangat berterima kasih kepada Disarpusda Majalengka yang telah hadir ke MTsN 3 Majalengka dan menyediakan fasilitas perpustakaan keliling. In syaa Allah, ke depannya ini akan menjadi kegiatan intensif. Bahkan kami juga sudah mengagendakan kunjungan literasi ke gedung Disarpusda Majalengka langsung. Secara bertahap saja sambil kegiatan berjalan. Semoga ini bisa menjadi langkah baik dalam mewujudkan generasi yang literat sehingga para siswa memiliki kecakapan hidup abad 21 yang mumpuni dan berdaya saing tinggi," pungkas Kepala MTsN 3 Majalengka.

Sementara itu, Husen Susilo, S.Pd., M.A. selaku Wakil Kepala MTsN 3 Majalengka Bidang Kesiswaan pun turut andil dalam kerjasama ini.

"Awalnya kami mendapatkan laporan dari salah satu guru yang telah mengikuti diklat teknis perpustakaan dari BDK (Balai Diklat Keagamaan) Bandung yang dilaksanakan di Kantor Kemenag Majalengka pada Februari lalu. Katanya, Disarpusda Majalengka punya program perpustakaan keliling. Menurut saya, ini hal yang sangat bagus, ya. Para siswa bisa membaca buku-buku pilihan selain buku wajib yang ada di perpustakaan madrasah," tutur Husen.

"Mengingat bahwa kegiatan pembelajaran harus tetap kondusif, kami mengutamakan dulu mata pelajaran yang berkaitan langsung dengan literasi yaitu Bahasa Indonesia. Jadi, ketika pembelajaran Bahasa Indonesia berlangsung, para siswa diarahkan untuk membaca buku-buku pilihan yang telah disediakan oleh Disarpusda Majalengka," tambahnya.

Fasilitas perpustakaan keliling yang disediakan Disarpusda Majalengka disambut dengan baik oleh pihak MTsN 3 Majalengka. Terlebih lagi para siswa yang sangat antusias ketika kendaraaan yang membawa puluhan buku tersebut tiba di lapangan upacara. Dalam kesempatan itu, pustakawan Disarpusda Majalengka yang turut mendampingi para siswa MTsN 3 Majalengka ada dua orang, yaitu Lili Darli, A.Ma. dan Deni Prayoga, S.IP.

 

 

Kontributor: Putri Siti Reykhani

Kalender

September 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -